Pratama, Aditya Putra (2020) Pengembangan Aplikasi Daily Quest: Untuk Menangani Kemalasan Pada Anak Menggunakan Platform Android. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kemalasan pada anak seringkali timbul akibat tidak adanya motivasi dalam melakukan sesuatu. Dalam studi psikologi menyatakan bahwa kemalasan pada anak timbul akibat tidak adanya kebiasaan dalam belajar yang teratur. Untuk meningkatkan motivasi orang tua perlu memberikan sebuah hadiah agar anak memiliki kemauan dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini dilakukan untuk mulai membiasakan anak dalam mengerjakan sesuatu. Pemberian daily activity merupakan alat bantu untuk membiasakan anak melakukan kegiatan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall. Metode ini dipilih karena kebutuhan fungsional pada sistem sudah didefinisikan sejak awal dan tidak memiliki perubahan. Pengujian yang dilakukan pada aplikasi Daily Quest adalah pengujian validasi, usabilitas, dan kompatibilitas. Pada pengujian validasi menghasilkan tingkat keberhasilan 100%. Pengujian usabilitas menghasilkan success rate sebesar 82,8% pada sistem orang tua dan 91,6% pada sistem anak. Pengujian dengan metode system usability scale (SUS) menghasilkan nilai rata-rata sebesar 66 pada sistem orang tua, golongkan ke dalam kategori grade C yaitu marginal yakni berada diantara dapat diterima dan tidak. Sedangkan pada sistem anak menghasilkan nilai rata-rata sebesar 73, digolongkan ke dalam kategori grade B- yaitu acceptable yakni dapat diterima. Pengujian kompatibilitas sistem, aplikasi Daily Quest hanya dapat berjalan dengan baik pada versi android lollipop 5.0 dengan tingkatan API minimal 21.
English Abstract
Laziness in children often arises due to lack of motivation in doing something. In psychology, studies state that laziness in children arises due to the absence of habits in regular learning. To increase motivation, parents need to give a gift so that children have the will to do something. This is done to start getting children used to doing things. The provision of daily activity is a tool to get children used to doing daily activities. This research uses the Waterfall software development method. The method is chosen because the functional requirements of the system have been defined from the beginning and have no change. Tests conducted on the Daily Quest application are validation, usability, and compatibility testing. In validation testing results in a 100% success rate. Usability testing results in a success rate of 82.8% for the parent system and 91.6% for the child system. The system usability scale (SUS) method produces an average value of 66 in the parent system, classifying it into the C grade category, which is marginal. Whereas in the child system produces an average value of 73, classified into the category grade Bthat is acceptable. In system compatibility testing, the Daily Quest application can only run well on Android Lollipop 5.0 (API level 21 or greater).
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2020/93/052003055 |
Uncontrolled Keywords: | reinforcement, android, aplikasi perangkat bergerak, firebase, parental controll, model view presenter (MVP), reinforcement, android, mobile application, firebase, parental controll, model view presenter (MVP). |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.1 Programming > 005.106 85 Software engineering / Capability maturity model (Computer software) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 06:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180853 |
![]() |
Text
Aditya Putra Pratama.pdf Download (11MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |