Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua Di Kota Malang

Hilmawan, Tomy Dwi (2019) Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai mahasiswa perantauan mahasiswa Papua akan menghadapi berbagai perbedaan budaya yang ada di Pulau Jawa sehingga diperlukannya proses penyesuaian diri yang dilakukan oleh mahasiswa Papua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian diri pada mahasiswa Papua di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan dua orang pria dan dua orang wanita usia dewasa awal dengan rentang usia 17-25 tahun yang berstatus sebagai mahasiswa aktif yang berasal dari Papua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data interaktif Miles & Huberman. Hasil dari penelitian yakni dimensi penyesuaian diri pribadi pada indikator tidak adanya rasa benci, tidak ada keinginan untuk lari dari kenyataan dan percaya pada potensi yang ada pada dirinya menunjukkan mahasiswa Papua merasa sedikit lebih sulit dalam mendapatkan kenyamanan dikarenakan seringnya menjadi pusat perhatian oleh masyarakat sekitar sehingga mahasiswa Papua dituntut untuk lebih berpikir positif agar dapat merasa nyaman. Akan tetapi tidak sedikit mahasiswa Papua yang berkeinginan untuk tinggal lebih lama bahkan menetap di Kota Malang. Sedangkan dimensi penyesuaian diri sosial pada indikator hubungan dengan keluarga, hubungan dengan teman kampus, hubungan dengan teman dekat dan hubungan dengan angggota masyarakat luas secara umum menunjukkan mahasiswa Papua sering mendapatkan dorongan dari keluarga mereka selama berada di Kota Malang seperti adanya dukungan, doa, maupun motivasi. Selain itu, mahasiswa Papua juga memiliki hubungan yang baik di lingkungan kampus, tempat tinggal, maupun tempat umum sehingga informan merasa lebih mudah dalam melakukan berbagai aktivitasnya

English Abstract

As overseas students Papuan students will face a variety of cultural differences that exist in Java so that the adjustment process is needed by Papuan students. This study aims to determine the adjustment in Papuan students in Malang. This research uses a qualitative method with a phenomenological approach. The informant selection technique uses a purposive sampling technique with the number of informants are two men and two women in early adulthood with an age range of 17-25 years who are active students from Papua. Data collection techniques used were semi-structured interviews. Analysis of the data used in this study was Miles & Huberman's interactive data analysis technique. The results of the study are the dimensions of personal adjustment to the indicators of no hatred, no desire to run away from reality and believe in the potential that exists in him shows Papuan students find it a little more difficult to get comfort because of the frequent focus of attention by the surrounding community so that students Papua is demanded to be more positive in order to feel comfortable. But not a few Papuan students who wish to stay longer even settled in the city of Malang. While the dimensions of social adjustment in indicators of relationships with family, relationships with campus friends, relationships with close friends and relationships with members of the wider community in general show Papuan students often get encouragement from their families while in Malang such as the presence of support, prayer, and motivation . In addition, Papuan students also have a good relationship in the campus environment, residences, and public places so that informants find it easier to carry out various activities.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/163/052003217
Uncontrolled Keywords: Kota Malang, Mahasiswa Papua, Penyesuaian Diri, Pribadi, Sosial Malang City, Papuan Students, Personal, Self-Adjustment, Social
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) > 378.1 Organization and activities in higher education > 378.19 Guidance, discipline, physical plant, welfare, students, curricula > 378.198 Guidance, discipline, physical plant, welfare, students (Students)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:00
Last Modified: 18 Oct 2021 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180812
[thumbnail of Tomy Dwi Hilmawan (2).pdf]
Preview
Text
Tomy Dwi Hilmawan (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item