Adaptasi Mahasiswa Tuli Universitas Brawijaya dalam Penyusunan Skripsi Melalui Pendampingan oleh Pusat Studi dan Layanan Disabilitas

Puteri, Lennye Jumiaty (2020) Adaptasi Mahasiswa Tuli Universitas Brawijaya dalam Penyusunan Skripsi Melalui Pendampingan oleh Pusat Studi dan Layanan Disabilitas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang adaptasi Mahasiswa Tuli melalui pendampingan skripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyesuaian diri Mahasiswa Tuli Universitas Brawiijaya dalam penyusunan skripsi serta peran pendamping Pusat Studi dan Layanan Disabilitas. Teori yang digunakan adalah adaptasi dari Bennet. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tuli melakukan penyesuaian dengan mengubah kebiasaan yaitu melibatkan tutor saat bimbingan, setiap hari ke PSLD, mencari dan memilih jurnal di internet, membiasakan membaca dan paham, serta membuka kamus dan bertanya. Tujuannya mengatasi perbedaan tatabahasa. Selain itu, penyesuaian dilakukan dengan membuka internet dan menanyakan istilah kepada tutor, membuat ulang skripsi, melibatkan dosen saat mengalami kebuntuan serta mengandalkan tutor dalam memahami penjelasan dosen dan literatur, mencari dan memilih literatur, memperbaiki redaksi dan substansi tulisan, menjelaskan maksud pada dosen. Tujuannya mengatasi hambatan literasi kaitannya dengan baca dan tulis. Sedangkan untuk membangun logika, penyesuaian level individu dilakukan dengan mempelajari panduan skripsi, pembuatan kerangka tulisan dan judul, pencarian dan pemilihan jurnal, menuliskan pemahaman terhadap literatur, serta meniru logika berpikir penelitian sejenis. Terakhir, pembangunan logika level kelompok dilakukan bersama tutor dengan cara diskusi judul dan substansi tulisan, serta arahan tutor dalam tatacara penulisan dan alur

English Abstract

This study discusses adaptation of deaf colleger. The purpose of this study is to find out adaptation of Brawijaya University's Deaf Colleger in thesis preparation and role of Center for Study and Disability Services’s tutor. The theory used is adaptation from Bennet. The method used is qualitative method with descriptive approach. Data analysis techniques in this study used is qualitative analysis from Miles and Huberman. The result show that Deaf adapted by changing habit becomes involving tutor during consultation, going to PSLD every day, searching and selecting journals in the internet, getting used to reading and understanding, opening dictionary and asking questions. The goal is to resolve the different in grammar. In addition, adaptation is done by opening the internet and asking term to tutor, rewriting the thesis, involving lecturer when deadlock and relying on tutor in understanding lecturer and literature explanation, searching and selecting literature, editing the redaction and substance of the writing, explaining the intention to lecturer. The goal is to resolve barrier related to reading and writing. Meanwhile, to build logic, adaptation of the individual level is done by learning thesis guidelines, making writing frameworks and title, searching and selecting journals, writing the result of understanding literature, and imitating the logic of thinking from similar research. Finally, logic building in the group level is carried out with tutor by discussing title and substance of the writing, as well as the tutor's direction in the writing procedures and flow.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/159/052003213
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Mahasiswa Tuli, Penyusunan Skripsi, Pendampingan, Adaptation, Deaf Colleger, Thesis Preparation, Mentoring
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.9 Special education > 371.91 Students with physical disabilities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Jul 2020 06:17
Last Modified: 08 Oct 2024 06:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180799
[thumbnail of Lennye Jumiaty Puteri (2).pdf] Text
Lennye Jumiaty Puteri (2).pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item