Unsur-unsur Budaya Jawa Pada Seni Pertunjukan Ketoprak

Maulita, Nurul Dwi (2019) Unsur-unsur Budaya Jawa Pada Seni Pertunjukan Ketoprak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari keberadaan budaya tradisional yang saat ini mulai tergantikan dengan budaya popular yang lebih diminati oleh generasi muda. Salah satu budaya tradisional yang mulai tergantikan adalah seni pertunjukan ketoprak yang berasal dari Jawa. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana unsur-unsur budaya Jawa yang menggambarkan jati diri masyarakat Jawa yang ditampilakan dalam seni pertunjukan ketoprak. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan semiotika untuk mengetahui dan mendeskripsikan isi suatu teks, dimana didalamnya akan terdapat makna-makna yang tersembunyi dibalik tanda. Penelitian ini mengkaji melalui beberapa scene yang menggambarkan budaya Jawa. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa dalam video dokumentasi seni pertunjukan ketoprak dengan lakon cerita joko kendil, ande-ande lumut, dan roro mendut. Dalam video terlihat bahwa dalam masing-masing lakon cerita terdapat berbagai unsur-unsur budaya Jawa, diantaranya adalah dalam masyarakat Jawa terdapat perbedaan anatara status sosial dan kelas sosial, dalam masyarakat Jawa terdapat ritual lamaran sebelum menikah, adanya kaum abangan, adanya ragam tutur yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang-orang tertentu, adanya stereotype bahwa masyarakat Jawa adalah orang yang rendah diri, dan adanya budaya rembuk untuk menyelesaikan suatu permasalahan

English Abstract

This research started from the existence of traditional culture which is replaced by popular culture which is more in demand by the younger generation. One of the traditional cultures that has begin to be replaced is the ketoprak performance art originating from Java. Based on this, this research aims to see how elements of Javanese culture that describe the identity of the Javanese community displayed in the art of ketoprak performances. This research uses content analysis as a method with a semiotic approach to find out and describe the contents of a text, which is there will be meanings hidden behind the sign. This study examines through several scenes that describe Javanese culture. The results of this study found that in the video documentation of ketoprak performance art with the story of Joko Kendil, Ande-Ande Moss, and Roro Mendut. In the video it can be seen that in each story's story there are various elements of Javanese culture, including Javanese society there are differences between social status and social class, in Javanese society there are rituals “lamaran” before marriage, the existence of abangan, there is “ragam tutur” used to interact with certain people, there is a stereotype that Javanese people are inferior, and there is a “rembug” culture to solve a problem.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/157/052003211
Uncontrolled Keywords: Budaya Jawa, Ketoprak, Analisis Isi, Javanese Culture, Ketoprak, Content Analysis
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.4 Spesific aspects of culture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:18
Last Modified: 18 Oct 2021 06:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180797
[thumbnail of Nurul Dwi Maulita (2).pdf]
Preview
Text
Nurul Dwi Maulita (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item