Tagar #1000TitikSandi Sebagai Retorika Politik Sandiaga Uno Dalam Pemilihan Presiden Indonesia 2019

Nugroho, Prasetyo Adi (2019) Tagar #1000TitikSandi Sebagai Retorika Politik Sandiaga Uno Dalam Pemilihan Presiden Indonesia 2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era perkembangan media sosial, kampanye yang merupakan salah satu bentuk pendekatan dari peserta dalam kontestasi politik dihadirkan secara lebih variatif melalui jejaring media sosial. Salah satu media sosial yang digunakan sebagai media kampanye daring adalah Instagram. Pemanfaatan Instagram sebagai media kampanye dilakukan oleh tokoh-tokoh yang menjalani kontestasi, termasuk Sandiaga Uno. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan cara pemanfaatan akun Instagram yang dilakukan oleh akun @sandiuno dan @indonesiaadilmakmur untuk melakukan kampanye daring. Kampanye yang dilakukan kedua akun tersebut berbentuk retorika politik melalui platform Instagram dengan bentuk tagar #1000TitikSandi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode dokumentasi dalam mengumpulkan data yang berasal dari unggahan akun @sandiuno dan @indonesiaadilmakmur yang menyertakan tagar #1000TitikSandi pada platform Instagram selama Januari 2019. Hasil penelitian ini menemukan bahwasanya dalam unggahan kedua akun tersebut melibatkan alat bukti retorika. Alat-alat tersebut meliputi ethos, pathos, logos, entimem, dan contoh. Akun @sandiuno dan @indonesiaadilmakmur mengemas kegiatan kampanye 1000 Titik Sandi menjadi kampanye daring yang melibatkan alat-alat retorika. Alat-alat tersebut dihadirkan untuk membangun nilai diri dari Sandiaga Uno sekaligus mengarahkan pilihan masyarakat agar memilih dirinya dalam Pemilihan Presiden – Wakil Presiden Indonesia 2019

English Abstract

In the era of social media development, a campaign which is one form of approach from participants in political contestation is presented more varied through social media networks. One of the social media used as online campaign media is Instagram. The utilization of Instagram as a media campaign is carried out by figures who undergo contestation, including Sandiaga Uno. The purpose of this study is to describe and explain how to use Instagram accounts conducted by @sandiuno and @indonesiaadilmakmur accounts to conduct online campaigns. The campaign carried out by the two accounts took the form of political rhetoric through the Instagram platform with the hashtag #1000TitikSandi. This research uses descriptive qualitative research with documentation methods in collecting data from the uploads of @sandiuno and @indonesiaadilmakmur accounts which included the hashtag # 1000TitikSandi on the Instagram platform during January 2019. The results of this study found that the uploads of both accounts involved tools of rhetoric. These tools include ethos, pathos, logos, entemem, and examples. The @sandiuno and @indonesiaadilmakmur account package 1000 Titik Sandi campaign activities into online campaigns involving rhetorical tools. These tools are presented to build self-value from Sandiaga Uno while directing people's choices to elect themselves in the 2019 Presidential and Vice-Presidential Elections in Indonesia.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/145/052003199
Uncontrolled Keywords: Pilpres, Retorika, Sandiaga Uno, akun Instagram @sandiuno dan @indonesiaadilmakmur., Presiden Election, Rethoric, Sandiaga Uno, the official accounts of Instagram @sandiuno and @indonesiaadilmakmur,
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:00
Last Modified: 18 Oct 2021 06:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180786
[thumbnail of Prasetyo Adi Nugroho (2).pdf] Text
Prasetyo Adi Nugroho (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item