Pengembangan Lanjut Aplikasi Entertaiment Terminal Berbasis Head Movement Control System pada Perangkat iOS

Firdaus, Arifin (2020) Pengembangan Lanjut Aplikasi Entertaiment Terminal Berbasis Head Movement Control System pada Perangkat iOS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era modern ini, smartphone berperan penting dalam hiburan di masyarakat. Namun, bagi pengguna disabilitas gerak tangan, berinteraksi dengan smartphone tidak mudah. Pada tahun 2017, dilakukan penelitian pengembangan aplikasi Entertaiment Terminal berbasis Head Movement Control System (HEMOCS) pada iOS. Penelitian tersebut memiliki hasil akurasi sebesar 86.2% dan usabilitas sebesar 80.625. Berdasarkan analisis evaluasi terhadap 5 orang responden aplikasi tersebut pada tahun 2019, maka diperlukan adanya pengembangan lanjut dari sisi tampilan, fungsi, akurasi dan usabilitas. Maka dalam penelitian ini, penulis mengembangan lanjut aplikasi Entertaiment Terminal berbasis HEMOCS pada perangkat iOS untuk meningkatkan aspek tersebut. Pengembangan tampilan dilakukan untuk meningkatkan usabilitas pengguna dengan cara mengubah tampilan, termasuk menggunakan komponen iCarousel sebagai komponen view ada konten yang berbentuk list. Pengembangan fungsi dilakukan atas dasar saran dari peneliti sebelumnya, yaitu menambah fungsi membaca konten secara offline dan online. Pengembangan konten video online dilakukan dengan library YouTube iOS Player Helper. Pengembangan konten musik offline dilakukan dengan membaca musik yang ada pada perangkat lunak dengan bantukan framework dari Apple yang bernama MediaPlayer. Pengembangan akurasi dan usabilitas dilakukan dengan cara melakukan pengubahan pada struktur kode aplikasi, termasuk kode HEMOCS. Hal ini dilakukan agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Pengujian pada penelitian ini menggunakan pengujian fungsional, yaitu pengujian unit, integrasi dan validasi dengan hasil valid. Sementara, pengujian non-fungsional meliputi pengujian akurasi dan usabilitas. Pengujian akurasi menggunakan skenario untuk berinteraksi dengan aplikasi dan menghasilkan nilai akurasi sebesar 89.44%. Sedangkan, pengujian usabilitas diujikan dengan metode Handheld Augmented Reality Usability Scale dengan hasil 82.083 poin. Jika dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, maka hasil uji akurasi dan usabilitas pada penelitian meningkat pada akurasi sebesar 3.71% dan pada usablitas sebesar 1.8 poin dengan kategori memuaskan.

English Abstract

On this modern era, smartphone has a significant role for people’s entertaiment. Unfortunately, for hand movement disability users, interact with smartphone is not easy. There was a research on 2017 about development of Entertaiment Terminal application based on Head Movement Control System (HEMOCS) on iOS. The result of the research has accuracy score of 86.2% and usability score of 80.625. Based on the evaluation analysis against five respondents on 2019, an enhancement of that application is needed for user interface, function, accuracy and usability. Therefore, in this research, researcher enhance the entertaiment terminal application based on HEMOCS on iOS, to improve those aspects. The enhancement of user interface was done to improve the usability, including the usage of iCarousel component for the list view. Enhancement of the application’s function was done based on advices from the previous researcher, to add function to read the content when in offline and online state. The enhancement of online content is done by implemeting library called Youtube iOS Player Helper. The enhancement of online content is done by using Appel’s MediaPlayer framework. The enhancement of accuracy and usability was done by changing of the application’s code structure, including the HEMOCS code. This is done to get a better result. The testing methods in this research use a functional testing, specifically unit, integration, and validation testing, the tests was valid. The non-functional testing are accuracy and usability testing. Accuracy testing is using a pre-defined scenarios to interact with the application and have score result of 89.44%. Meanwhile, usability testing is using Handheld Augmented Reality Usability Scale and has score result of 82.083 points.The accuracy score inscreased by 3.71% and usability score increased by 1.8 points and has satisfying category.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/82/052003044
Uncontrolled Keywords: entertaiment, HEMOCS, enhancement, iOS, kontrol kepala, entertaiment, HEMOCS, enhancement, iOS, head control
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.1 Programming > 005.106 85 Software engineering / Capability maturity model (Computer software)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:03
Last Modified: 13 Apr 2023 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180617
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Arifin Firdaus.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item