Nissa, Khairien (2020) Evaluasi Usability pada Aplikasi Perbankan Jenius Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif untuk mendapatkan keuntungan, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) berusaha memberikan layanan terbaik yang mampu menunjang kebutuhan pelanggannya, salah satunya Aplikasi Perbankan Jenius. Aplikasi Perbankan Jenius adalah layanan yang membantu penggunanya untuk melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keungan dengan lebih aman dan tampilan yang lebih menarik, namun terdapat permasalahan usability yang ditemukan melalui observasi dan wawancara diantaranya tata letak fitur yang kurang tepat dan kata-kata yang tidak familiar bagi awam. Perlu dilakukan penelitian dengan tiga tahapan yaitu tahap pertama melakukan evaluasi awal untuk mengukur metrik learnability, efficiency, error dengan metode Usability Testing dan satisfaction dengan LEMtool– Measuring Emotions in Visual Interfaces lalu ditemukan 7 permasalahan dari 10 task scenario yang diujikan, tahap kedua memberikan rekomendasi perbaikan desain antarmuka yang didasarkan pada hasil tingkah laku dan wawancara serta mengikuti guidelines yang diambil dari jurnal dan web, tahap ketiga melakukan evaluasi kedua terhadap rekomendasi perbaikan yang telah dibuat serta membandingkan hasil pengukuran metrik usability dengan hasil pengukuran metrik usability pada pengujian awal. Rekomendasi aplikasi yang diberikan dapat memberikan peningkatan pada metrik learnability dari 64% menjadi 87%, peningkatan pada metrik efficiency dari 0,02 goals/sec menjadi 0,05 goals/sec, penurunan pada metrik error dari 30% menjadi 6% dan peningkatan ada metrik satisfaction dari 56% menjadi 84%.
English Abstract
In an increasingly competitive business world to gain profit, the National Pension Savings Bank (BTPN) provides the best service that can support its financial needs, one of which is the Jenius Banking Application. Jenius Banking application is a service that helps users to conduct financial activities such as saving, doing transaction, or sharing to safer and more attractive appearance, but found problems related to usability obtained through observation and interviews regarding the application of the interface setting features that are less precise and words that are not common to the users, therefore, research needs to be done with three steps, being the first step is evaluation conducted to measure the aspects of usability, which are learnability, efficiency, errors with the method of Usability Testing and satisfaction with LEMtool - Measuring Emotions in the Visual Interface and found 7 problems out of 10 the task scenarios are tested, the second step is provide design improvement recommendations given to user behavior and the results of interviews and follow guidelines taken from journals and the web, the third is evaluate the design solution with the first design to compare the results between the two. Application recommendations given provide an increase in learning ability metrics from 64% to 87%, an increase in the efficiency of metrics from 0.02 goals / second to 0.05 goals / second, a reduction in error metrics from 30% to 6% and an increase in existing metrics satisfaction from 56% to 84%
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2020/78/052003040 |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, usability, Aplikasi Perbankan Jenius, usability testing, LEMtool– Measuring Emotions in Visual Interfaces, Evaluation, usability, Jenius Banking application, usability testing, LEMtool– Measuring Emotions in Visual Interfaces. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 07:04 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 08:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180613 |
![]() |
Text
Khairien Nissa.pdf Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |