Purmiaji, Abdurrahman Prawira (2020) Procedural Content Generation Untuk Perancangan Karakter Pada 2D Endless Runner Game Menggunakan Genetic Algorithm. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dengan berkembangnya industri game pada saat ini, pengembang game di tuntut untuk mengembangkan game yang tidak hanya memiliki fitur dan grafis yang bagus namun juga memiliki game content yang berkualitas juga agar player akan tertarik dalam memainkan game tersebut. Namun pada sebuah game yang bertemakan Endless, dimana game tersebut akan berhenti jika player mencapai game over, memiliki content yang tidak terbatas. Jika content tersebut dibuat secara manual maka akan memakan waktu yang lama, dimana waktu tersebut dapat dialokasikan ke dalam hal lain misal mengembangkan fitur/grafis dari game tersebut. Solusi dari permasalahan diatas yaitu dengan penggunaan Procedural Content Generation (PCG) yaitu pembuatan content otomatis yang dilakukan menggunakan sebuah Algoritme. PCG adalah sebuah solusi yang tidak hanya menghemat waktu, namun juga menghemat biaya dan juga menambahkan nilai replayability dalam sebuah game. Dalam pembuatan sebuah konten, npc atau salah satu rintangan dalam sebuah game Endless Runner yang sering disebut juga Musuh/Enemies biasanya dibuat secara manual. Musuh yang memiliki variasi yang monoton akan membuat player cepat bosan, dan pasti akan mengurangi tingkat replayability game tersebut. Dengan menggunakan PCG yang akan menerapkan metode Genetic Algorithm akan menyelesaikan masalah tersebut. Di sini penulis menggunakan metode Genetic Algorithm untuk mengimplementasikan Procedural Content Generation pada 2D Endless Runner Game. Genetic Algorithm penulis pilih dikarenakan Algoritme dapat melakukan optimisasi yang cocok untuk banyak kasus dari sebuah lingkungan. Selain optimisasi, Genetic Algorithm berbentuk modular, sehingga terpisah dari aplikasi dan dapat diaplikasikan ke kasus lainnya tanpa perubahan yang berarti didalamnya. Hasil yang di dapatkan dari pengujian yang telah dilakukan yaitu Procedural Content Generation dapat diterapkan pada game 2D Endless Runner Game secara efisien dan efektif. Dimana dalam hasil pengujian dapat dibuktikan dengan adanya penelitian ini akan menambahkan nilai positif dalam Replayability dari game ini. Dalam segi performa juga dinilai positif dikarenakan pembuatan karakter tiap populasi hanya membutuhkan sekitar 1-3 detik dibandingkan dengan pembuatan Non-Player Character secara manual yang dibutuhkan waktu berlebih.
English Abstract
Seeing how rapid the development of game industry right now, game developers are required to develop a game that not only have a good feature and graphics but a game that offers a quality conten so that player will play the game. But in a game that have Endless theme, where a game will stop when the player reach a game over, have endless content. If that content is made manually that will consume a lots of time, where that time cost can be used or allocated into other important things such as develop more feature or better graphics in that game. A solution to the problem above is to use Procedural Content Generation(PCG) that is a automatic content generation that done by using an algorithm. PCG is a solution that not only solved the time cost, but also price cost and giving a replayability in a game. The process of making a content, npc or a challenge in an Endless Runner that usually called Enemies is made manually. Enemies that have the same variation makes player bored easily, thus will also reduce replayability factior in the game. With using PCG that uses Genetic Algorithm will solve that problem. In this research, writer will use Genetic Algorithm to implement Procedural Content Generation in 2D Endless Runner Game. Genetic Algorithm is chosen by the writer because it can do optimization that suitable in many cases from an environtment. Beside optimization, Genetic Algorithm is modular, thus separated from the application and can be used in many cases without many changes inside. The result of this testing that is Procedural Content Generation can be applied into 2D Endless Runner Game effectively and efficiently. Whereas the result of the testing can be proved will add positive result in Replayability of the game. In performance side can also be rated positif because in production of an Character every population only need 1-3 seconds compared to creating Non-Player Character manually that cost more time.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2020/62/052003024 |
Uncontrolled Keywords: | 2D Platform, Non-Player Character, Endless Runner Game, Procedural Content Generation, Genetic Algorithm, Replayability |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.8 Data security > 005.82 Data encryption |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 08:15 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180597 |
Text
Abdurrahman Prawira Purmiaji.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |