Pengaruh Program Diabetes Self-Management Education (DSME) Terhadap Kepatuhan dan Ketepatan Pemberian Insulin pada Anak Remaja Usia 12-18 Tahun Penderita Diabetes Mellitus Tipe 1 di IKADAR (Ikatan Keluarga Diabetisi Anak dan Remaja) Malang

-, Said (2019) Pengaruh Program Diabetes Self-Management Education (DSME) Terhadap Kepatuhan dan Ketepatan Pemberian Insulin pada Anak Remaja Usia 12-18 Tahun Penderita Diabetes Mellitus Tipe 1 di IKADAR (Ikatan Keluarga Diabetisi Anak dan Remaja) Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Diabetes mellitus tipe-1 adalah DM yang terjadi akibat proses autoimun yang merusak sel-β pancreas sehingga produksi insulin berkurang bahkan terhenti. Anak dengan DM tipe 1 cepat sekali menjurus ke dalam ketoasidosis diabetic yang disertai atau tanpa koma. Untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut, komponen pengelolaan DM tipe-1 salah satunya ialah pemberian insulin. Ketidakpatuhan dan ketidaksepahaman pasien dalam menjalankan terapi merupakan salah satu penyebab kegagalan terapi. Untuk mencapai keberhasilan pengelolaan DM, dibutuhkan penanganan DM secara mandiri dan berkelanjutan atau yang dikenal sebagai Diabetes Self Management Education (DSME). DSME merupakan bagian dari pendidikan kesehatan yang tidak hanya melibatkan pengetahuan dan ketrampilan, tetapi juga konseling psikologis jika diperlukan untuk memfasilitasi gaya hidup. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh program DSME terhadap kepatuhan dan ketepatan pemberian insulin pada anak remaja usia 12-18 tahun penderita diabetes mellitus tipe I di IKADAR (Ikatan Keluarga Diabetisi Anak dan Remaja) Malang. Desain yang digunakan yaitu quasi experiment dengan metode one group pretest and posttest design sebanyak 22 responden. Instrument penelitian yang digunakan yaitu kuesioner tertutup MIAS-8 dan Lembar observasi 5 benar. Hasil analisa pengaruh program DSME menggunakan SPSS 16 uji wilcoxon sebelum dan sesudah pelatihan terhadap kepatuhan dengan (α=0,05) didapatkan p value = 0,345 (p value > α), sehingga H1 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pelatihan DSME terhadap kepatuhan pemberian insulin. Dan untuk hasil pengaruh program DSME menggunakan SPSS 16 uji McNemar sebelum dan sesudah pelatihan terhadap ketepatan dengan (α=0,05) didapatkan p value = 0,035 (p value < α), H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh ketepatan responden dalam pemberian insulin setelah pelatihan program DSME. Saran bagi peneliti selanjutnya yakni diharapkan dapat mengendalikan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan dan ketepatan responden sebelum dan sesudah pelatihan program Diabetes Self- Management Education (DSME).

English Abstract

Type 1 diabetes mellitus is DM that occurs due to an autoimmune process that damages pancreatic β cells so that insulin production is reduced and even stopped. Children with type 1 diabetes quickly lead to diabetic ketoacidosis with or without coma. To achieve these goals and objectives, one of the components of DM type 1 management is administration of insulin. Controlling blood sugar with insulin is very important in patient self-management in dealing with hyperglycemia. To achieve the success of DM management, DM management is needed independently and continuously or known as Diabetes Self Management Education (DSME). DSME is part of health education which not only involves knowledge and skills, but also psychological counseling if needed to facilitate lifestyle. The purpose of this study is to determine the effect of the DSME program on adherence to insulin administration in adolescents aged 12-18 years with type I diabetes mellitus in IKADAR (Ikatan Keluarga Diabetisi Anak dan Remaja) Malang. The design used is quasi experiment with one group pretest and posttest design methods of 22 respondents. The research instrument used was a closed questionnaire MIAS-8 and observation sheet 5 is correct. The results of the analysis of the effect of the DSME program using SPSS 16 Wilcoxon test before and after training on compliance with (α = 0.05) obtained p value = 0.345 (p value> α), so H1 was rejected and it can be concluded that there was no effect of DSME training on compliance administration of insulin. And for the results of the influence of the DSME program using SPSS 16 McNemar test before and after training on the accuracy with (α = 0.05) p value = 0.035 (p value <α), H1 is accepted and it can be concluded that there are differences in the accuracy of respondents in giving insulin after training the DSME program. Suggestions for further researchers are expected to be able to control other factors that influence the level of adherence and accuracy of respondents before and after training in the Diabetes Self- Management Education (DSME) program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/509/052001480
Uncontrolled Keywords: DSME, Kepatuhan, Ketepatan, Insulin, Anak Remaja, Diabetes Mellitus, Diabetes Mellitus Tipe I, IKADAR-DSME, Compliance, Accuracy, Insulin, Teenagers, Diabetes Mellitus, Diabetes Mellitus Type I, IKADAR
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.4 Diseases of endocrine, hematopoietic, lymphatic, glandular system; diseases of male breast > 616.46 Diseases of islands of Langerhans > 616.462 Diabetes mellitus > 616.462 2 Diabetes mellitus, type 1 (Insulin-dependent diabetes)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:14
Last Modified: 22 Oct 2021 02:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180542
[thumbnail of MAJALAH TUGAS AKHIR.pdf]
Preview
Text
MAJALAH TUGAS AKHIR.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Said.pdf]
Preview
Text
Said.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item