Perancangan Antarmuka Sistem Informasi Manajemen Kelurahan dengan Menggunakan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Kantor Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang)

Khairunnisa, Hilda (2020) Perancangan Antarmuka Sistem Informasi Manajemen Kelurahan dengan Menggunakan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Kantor Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelurahan Penanggungan merupakan salah satu instansi pemerintahan yang sering melakukan interaksi dengan masyarakat. Kelurahan Penanggungan sudah memiliki Kantor dalam melakukan pelayanan. Permasalahan yang terjadi di Kantor Kelurahan Penanggungan yaitu pengarsipan masih sulit dilakukan, kesulitan dalam melihat pelaporan data surat bulanan atau tahunan, petugas masih menuliskan data di kertas dalam hal kepengurusan surat keterangan warga, dan masih belum bisa melihat riwayat kepengurusan surat warga. Sehingga, Kantor Kelurahan Penanggungan membutuhkan perancangan antarmuka terlebih dahulu untuk melihat rancangan antarmuka tampilan yang akan dibuat pada tampilan pelayanan umum dan tampilan pengarsipan dengan membuat prototype. Rancangan antarmuka tampilan yang telah dibuat berguna untuk dapat menyesuaikan kebutuhan penggunanya dalam membuat perancangan antarmuka sistem informasi manajemen Kelurahan berbasis website. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perancangan antarmuka dan memberikan hasil evaluasi pada perancangan antarmuka sistem informasi manajemen Kelurahan Penanggungan dengan menggunakan metode Human-Centered Design (HCD). Metode HCD digunakan untuk merancang antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengumpulan data awal dilakukan dengan wawancara kepada stakeholder dan pengguna mengenai validasi masalah dan validasi kebutuhan untuk konteks pengguna dan spesifikasi kebutuhan. Selanjutnya, membuat solusi desain perancangan dengan menggunakan wireframe dan prototype. Kemudian, melakukan evaluasi hasil perancangan prototype dengan metode Heuristic Evaluation (HE) dan melakukan wawancara kepada pengguna untuk menemukan permasalahan prototype yang selanjutnya dilakukan proses perbaikan perancangan. Metode HE digunakan untuk menilai kesesuaian perancangan antarmuka sistem dengan menghasilkan daftar permasalahan berdasarkan prinsip HE yang dilakukan oleh expert. Temuan permasalahan yang didapatkan dari proses evaluasi sejumlah 16 permasalahan. Hasil penelitian ini adalah rancangan antarmuka dan rekomendasi hasil rancangan yang telah diperbaiki.

English Abstract

Penanggungan Village is one of the government agencies that often interacts with the community. Penanggungan Village already has an Office in carrying out services. Problems that occur in the Penanggungan Kelurahan Office are that archiving is still difficult to do, difficulties in seeing monthly or annual letter data reporting, officers still write data on paper in terms of management of citizens' certificates, and still cannot see the history of the management of citizen letters. Thus, the Penanggungan Sub-district Office needs an interface design first to see the interface design layout that will be made on the public service display and archiving display by making a prototype. Display interface design that has been made is useful to be able to adjust the needs of users in making the design of a website-based Village management information system interface. The purpose of this study was to determine the interface design process and provide evaluation results on the design of the management information system interface of the Penanggungan Village by using the Human-Centered Design (HCD) method. The HCD method is used to design an interface that suits user needs. Initial data collection is done by interviewing stakeholders and users about the validation of the problem and validation of the needs for the user's context and requirements specifications. Next, create a design solution using wireframe and prototype. Then, evaluate the results of the design of the prototype with the Heuristic Evaluation (HE) method and conduct interviews with the user to find the prototype problem which is then carried out the design improvement process. The HE method is used to assess the suitability of the system interface design by producing a list of problems based on the HE principle carried out by the expert. The problem findings obtained from the evaluation process were 16 problems. The results of this study are the interface design and the design recommendations that have been improved.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/48/052003010
Uncontrolled Keywords: HCD, HE, prototype antarmuka, HCD, HE, prototype interface
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:14
Last Modified: 08 Oct 2024 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180530
[thumbnail of Hilda Khairunnisa.pdf] Text
Hilda Khairunnisa.pdf

Download (16MB)

Actions (login required)

View Item View Item