Devi, Chintia (2020) Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Cicil.co.id Dengan Menggunakan Metode Heuristic. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Cicil atau Cicil.co.id adalah sebuah perusahaan startup teknologi berbasis finansial. Tujuannya adalah memberikan akses kemudahan pembiayaan bagi mahasiswa. Namun, berdasarkan hasil ulasan yang terdapat pada Google Play Store bulan Juli hingga Agustus 2019 dan hasil wawancara terhadap tiga pengguna, aplikasi mobile berbasis Android Cicil belum dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Sebagian masalah yang ditemukan berupa permasalahan pada aspek usability. Kesulitan yang dialami pengguna tersebut membuat penggunanya merasa kurang puas terhadap penggunaan aplikasi mobile Cicil dan menyebabkan penggunanya memberikan rating yang rendah untuk ulasan aplikasi mobile Cicil. Penelitian dilakukan untuk menggali permasalahan pada aspek usability yang terdapat pada aplikasi Cicil dengan menggunakan metode heuristic. Nantinya, dari temuan permasalahan yang ada akan dilakukan analisis untuk diberikan rekomendasi perbaikan usability berdasarkan saran dari evaluator, guidelines, aplikasi pendahulu, jurnal, artikel, atau buku yang berkaitan dengan temuan permasalahan. Penelitian ini menggunakan empat orang evaluator yang termasuk dalam kategori regular, dan menghasilkan total 27 permasalahan usability yang meliputi 10 prinsip heuristic Nielsen. Persentase temuan permasalahan tertinggi terdapat pada heuristic number 6 (recognition rather than recall) dan 7 (flexibility and efficiency of use) yaitu dengan nilai 14,52%, sedangkan persentase heuristic number terendah terdapat pada heuristic number 9 (help users recognize, diagnose and recover from errors) yaitu dengan nilai 3,22%. Setelah melalui tahapan analisis, dari 27 permasalahan usability yang ada, hanya 21 permasalahan yang diberikan rekomendasi rancangan ulang perbaikan antarmuka aplikasi. Enam permasalahan tidak diberikan rekomendasi perbaikan karena beberapa permasalahan dianggap bukan sebuah permasalahan, beberapa diluar batasan masalah dari penelitian yang dilakukan, dan beberapa karena tidak sesuai dengan prinsip dan teori yang ada.
English Abstract
installments for students. But Cicil mobile applications for android have not been able to meet the requirements of its users as we saw on Google Play Store’s review from July to August 2019 and the results of interviews with three users. Some of the problems in Cicil applications were from usability aspect. Bad experienced by these users make users unsatisfied with the use of the Cicil mobile application and it cause users give low ratings for the Cicil mobile application. This research was conducted with a deeper purpose regarding the usability aspects related to the Cicil application by using the heuristic method. After that, recommendations are given on the usability problems. The recommendations were based on advice from evaluator, guidelines, previous applications, journal, article, or book. This study used four evaluators in the regular category and found 27 problems included 10 Nielsen's heuristic principles. The highest precentage of problems found on heuristics number 6 (recognition rather than remembering) and 7 (flexibility and efficiency of use) is 14,52%, while the lowest percentage of heuristic numbers is provided in heuristic number 9 (helps users recognize, diagnose and recover from error) is 3,22%. After going through the analysis, from 27 usability promblems only 21 problems were given recommendations for improving the application interface. Six problems were not given recommendations because they were not in accordance with the existing principles and theories.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2020/38/052003000 |
Uncontrolled Keywords: | Cicil, usability, evaluasi heuristic, aplikasi mobile, Cicil, usablity, heuristic evaluation, mobile application |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 06:45 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 06:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180507 |
![]() |
Text
Chintia Devi.pdf Download (9MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |