Evaluasi Usability Web UniPin dengan Menggunakan Metode Usability Testing

Febrianti, Dinda Aditya (2020) Evaluasi Usability Web UniPin dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

E-commerce adalah layanan aktivitas belanja online dengan menggunakan jaringan internet serta cara transaksinya melalui transfer uang secara digital yang disediakan oleh PT. 24 Jam Online (UniPin). Pada website UniPin terdapat banyak sekali game yang sudah berkerjasama dengan unipin.co.id seperti game Mobile Legends, PUBG Mobile, selain itu web UniPin juga menyediakan voucher Google Play, Steam Wallet dan voucher lainnya. UniPin merupakan bisnis yang sudah dirintis mulai dari tahun 2009 dan sudah mempunyai jutaan pengguna. Dari data keluhan pengguna terdapat beberapa permasalahan mengenai aspek kegunaan, seperti pengguna tidak mengerti tentang alur penggunaan web UniPin. Menurut Istiana (2015) Evaluasi kegunaan terhadap situs web yang telah dibangun perlu dilakukan salah satunya untuk mengetahui bagaimana tingkat kegunaan situs web tersebut bagi pengguna. Untuk mengetahui tingkat kegunaan pada website e-commerce yang digunakan oleh PT. 24 Jam Online, maka diperlukan evaluasi usability pada web UniPin dengan menggunakan metode usability testing untuk mengobservasi perilaku pengguna. Untuk memperoleh data, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan pengamatan perilaku pengguna ketika menjalankan task yang diberikan dan melakukan penyebaran kuesioner dengan menggunakan kuesioner Nielsen Attributtes Of Usability (NAU), dan wawancara dengan pengguna web UniPin. Proses evaluasi usability terdiri dari beberapa tahapan, antara lain melakukan penggalian informasi dengan meminta data keluhan pelanggan pada customer service web UniPin, pemberian task pada responden, pengisian kuesioner, wawancara responden untuk menggali informasi lebih dalam, data yang diperoleh kemudian diolah dengan metode skala likert dan di analisis, kemudian dibuat rancangan tampilan web UniPin sesuai dengan analisis yang diperoleh. Berdasarkan analisis tersebut, didapatkan hasil untuk aspek learnability sebanyak 77%, aspek efficiency 75%, aspek memorability 79%, aspek errors 71%, dan aspek satisfaction sebanyak 70%. Hal ini menunjukkan bahwa dari hasil penelitian tingkat usability web UniPin masih berada pada kriteria interval setuju / baik / suka, dan menghasilkan 3 buah mockup tampilan web UniPin yang dapat digunakan untuk membantu perbaikan pada web UniPin.

English Abstract

E-commerce is an online shopping activity service using the internet network as well as how to do transactions through digital money transfers provided by PT. 24 Hours Online (UniPin). On the UniPin website there are tons of games that have collaborated with unipin.co.id such as the Mobile Legends game, PUBG Mobile, besides the UniPin web also provides Google Play vouchers, Steam Wallet and other vouchers. UniPin is a business that has been started since 2009 and already has millions of users. From the data of user complaints, there are several problems regarding aspects of usability, such as the user not understanding the UniPin web usage flow. According Istiana (2015) Evaluation of usability of a website that has been built needs to be done one of them to find out how the usability of the website for users. To find out the level of usability on the e-commerce website used by PT. 24 Hours Online, it is necessary to evaluate usability on the UniPin website by using the usability testing method to observe user behavior. To obtain data, the data collection techniques used are by observing user behavior when carrying out the given task and conducting questionnaires using the Nielsen Attributes of Usability (NAU) questionnaire, and interviews with UniPin web users. The usability evaluation process consists of several stages, including extracting information by requesting customer complaint data on the UniPin web customer service, assigning tasks to respondents, filling out questionnaires, interviewing respondents to dig deeper information, the data obtained is then processed using the Likert scale method and in the analysis, then the UniPin web display design is made according to the analysis obtained. Based on the analysis, the results for the learnability aspect were 77%, the efficiency aspect was 75%, the memorability aspect was 79%, the error aspect was 71%, and the satisfaction aspect was as much as 70%. This shows that the results of the UniPin web usability level research are still in the agreed / good / like interval criteria, and produced 3 UniPin web display mockups that can be used to help improve the UniPin web.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2020/7/052002969
Uncontrolled Keywords: e-commerce, evaluasi, usability testing, Nielsen Attributes of Usability
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:50
Last Modified: 18 Apr 2023 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180460
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dinda Aditya Febrianti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (40MB)

Actions (login required)

View Item View Item