Prakoso, Dimas Dwi Adi (2019) Hubungan Cyberbullying Dengan Harga Diri Pada Remaja SMP Negeri 5 Kepanjen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Internet merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan remaja saat ini. Dengan adanya internet memberikan dampak positif maupun dampak negatif bagi pengguna internet adalah cyberbullying. Cyberbullying merupakan salah satu penyalahgunaan media sosial yang semakin banyak di temui. Dampak dari cyberbullying adalah turunnya harga diri dari korban cyberbullying. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Hubungan cyberbullying Dengan Harga Diri Pada Remaja SMP Negeri 5 Kepanjen. Desain penelitian ini menggunakan korelatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampling menggunakan purposive sampling teknique dengan jumlah sampel 255 orang responden. Analisis statistik dengan uji statistik Spearman didapatkan hasil analisis SPSS dengan p-value 0,016 < alpha 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari hubungan Cyberbullying dengan Harga Diri pada Remaja SMP Negeri 5 Kepanjen. Cyberbullying terbanyak yaitu cberbullying dalam kategori rendah sebanyak 81.2% dan harga diri terbanyak yaitu harga diri sedang sebanyak 99.6%. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat hubungan Cyberbullying dengan Harga Diri pada Remaja SMP Negeri 5 Kepanjen. Saran bagi institusi yaitu petugas UKS melakukan penyuluhan kepada siswa tentang cyberbullying dan harga diri. Bagi orang tua melakukan pengawasan penggunaan teknologi internet agar anak – anak bisa menggunakan teknologi secara bijaksana dan positif. Untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti cyberbullying dengan kosep diri pada remaja.
English Abstract
The internet is inseparable from the lives of teenagers today. With the internet having a positive impact or a negative impact for internet users is cyberbullying. Cyberbullying is a social media abuse that is increasingly being met. The impact of cyberbullying is the decline in self-esteem of victims of cyberbullying. The purpose of this research is to find the correlation between cyberbullying with selfesteem in adolecent of SMP Negeri 5 Kepanjen. The design of this research is using correlative analytic with cross sectional approach. The sample is using purposivexsampling technique with 254 respondents. The analysist result using Spearman’s statictical test showed that p-value 0,016 < alpha 0,05 which means there is a significant impact from the correlation between cyberbullying with selfesteem in adolecent of SMP Negeri 5 Kepenjen. Most cyberbullying is cyberbullying in the low category as much as 81.2% and most self-esteem is moderate self-esteem as much as 99.6%. The conclusion from this research is there is a correlation between cyberbullying with self-esteem in adolecent of SMP Negeri 5 Kepanjen. Suggestions for institutions are UKS officers to educate students about cyberbullying and self-esteem. For parents to supervise the use of internet technology so that children can use technology wisely and positively. For further researchers can examine cyberbullying with self concept in adolescents.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2019/514/052001362 |
Uncontrolled Keywords: | Remaja, Cyberbullying, Harga Diri-Adolecent, Cyberbullying, Self-esteem |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 03:16 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 05:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180305 |
Preview |
Text
Dimas Dwi Adi Prakoso.pdf Download (7MB) | Preview |
Preview |
Text
MAJALAH_DIMAS DWI ADI PRAKOSO_185070209111040.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |