Petriano, Haris (2019) Perbedaan Pengaruh Antara Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dan Metode Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa SMPN 1 Tumpang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan kesehatan merupakan salah satu upaya pencegahan primer yang berisi pesan informasi penting. Pendidikan kesehatan tersebut harus disertai dengan metode pembelajaran yang tepat, agar pesan informasi dapat tersampaikan dengan baik. Metode pembelajaran kooperatif think pair share dan metode tutor sebaya dapat membuat anak berpikir kreatif, kritis, dan membantu menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan antara metode think pair share dengan metode tutor sebaya terhadap kemampuan cuci tangan pakai sabun pada siswa sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasy-experiment (non-equivalent control group pre-post test design). Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tumpang kabupaten Malang diambil dengan tekhnik simple random sampling sebanyak 60 orang dan dibagi menjadi dua kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 30 orang dengan rentang usia 12 sampai 15 tahun. Variabel yang diukur adalah kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil Uji wilcoxon menunjukkan pengaruh yang signifikan pada kelompok perlakuan dan kontrol terhadap kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik. Uji Mann-Witney menunjukkan perbedaan perubahan pengaruh pada kemampuan kognitif dengan nilai (p<0.048), psikomotorik (p<0,001), afektif dengan nilai (p>0.171). Metode think pair share terbukti berhasil meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik responden dibandingkan dengan metode tutor sebaya, tetapi untuk kemampuan afektif atau sikap tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan.
English Abstract
Health education is one of the main challenges that contains important information messages. This health education must be discussed with appropriate learning methods, so that information messages can be conveyed properly. Think pair share cooperative learning methods and peer tutoring methods can make children think creatively, critically, and help solve problems. This study aims to analyze the differences between the think pair share method and the peer tutoring method to the ability to wash hands with soap in school students. This study used a quasy-experimental research design (non-equivalent test group pre-post design). The sample in this study was grade VIII students of SMPN 1 Tumpang Malang regency, taken with a simple random sampling technique totaling 60 people and divided into two groups with each group collecting 30 people with an age range of 12 to 15 years. The variables needed are cognitive, affective, and psychomotor abilities. The trial results showed a significant effect on the regulation and control groups on cognitive, affective, psychomotor abilities. The Mann-Witney test determines differences in cognitive abilities with values (p <0.048), psychomotor (p <0.001), affective values (p> 0.171). The think pair share method was proven successful in increasing the cognitive and psychomotor abilities of the respondents compared to the peer tutoring method, but for affective abilities or attitudes, it did not allow significant differences.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2019/522/052001370 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan kesehatan, Cuci tangan pakai sabun, think pair share, tutor sebaya-Health education, Handwashing with soap, think pair share, peer tutors |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 07:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 05:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180282 |
Preview |
Text
Haris Petriano.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
MAJALAH_HARIS PETRIANO_185070209111039.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |