Pengelompokan Daerah Rendah Angka Partisipasi Kasar (APK) Wajib Belajar 12 Tahun Dengan Menggunakan Analisis Cluster Hierarki (Studi Kasus Setiap Provinsi Di Indonesia)

Mukhlishin, Amirul (2019) Pengelompokan Daerah Rendah Angka Partisipasi Kasar (APK) Wajib Belajar 12 Tahun Dengan Menggunakan Analisis Cluster Hierarki (Studi Kasus Setiap Provinsi Di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan hal penting bagi suatu bangsa dan negara. Pendidikan berperan sebagai dasar dalam membentuk kualitas manusia di masa depan. Salah satu faktor utama keberhasilan pembangunan suatu bangsa adalah tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas. Pemerintah telah membuat peraturan terkait wajib belajar dua belas tahun dan penuntasan buta aksara. Untuk melihat tingkat pendidikan penduduk dalam mengakses program pendidikan dapat dilihat salah satunya dari Angka Partisipasi Kasar. Perbedaan wilayah baik secara astronomis dan geografis serta berbagai kebudayaan di Indonesia menjadikan tidak semua tempat terjangkau memiliki fasilitas pendidikan yang sama, bahkan kualitas pengajar juga berbeda. Hal tersebut menarik untuk dikaji dari hal hubungan kemiripan dan perbedaan setiap lokasi khususnya berdasarkan Angka Partisipasi Kasar. Hasil analisis memperlihatkan bahwa terbentuk 4 cluster yaitu cluster 1 terdapat hanya Provinsi Papua, cluster 2 juga terdapat hanya Provinsi Kalimantan Utara, dan cluster 3 terdapat Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan Tengah; dan cluster 4 ada Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Barat, dan Papua Barat. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi pendidikan pada setiap daerah dalam cluster 4 memiliki kecenderungan kualitas yang lebih bagus dibandingkan cluster lainnya.

English Abstract

Education is important for the nation and state. Education determines as the basis for creating human qualities in the future. One of the main factors in the success of the development of a nation is the availability of quality human resources. The government has made a regulation which has to be studied for twelve years and has a very large literacy completion. To see the level of education of the population in the education program can be seen incorrectly from Gross Participation Rate. Regional differences both astronomically and geographically as well as various cultures in Indonesia do not make all affordable places have the same educational facilities, even the quality of teachers is also different. This is interesting to study from the similarity and difference between each specific location based on Gross Participation Rate. The resulting analysis formed 4 clusters namely cluster 1 located only in Papua Province; cluster 2 was also available only in North Kalimantan Province; cluster 3 was in DKI Jakarta, West Java and Central Kalimantan Provinces; and cluster 4 there are the Provinces of Aceh, North Sumatra, West Sumatra, Riau, Jambi, South Sumatra, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung Islands, Riau Islands, Central Java, DI Yogyakarta, East Java, Bali, West Nusa Tenggara, East Nusa Tenggara, West Kalimantan, South Kalimantan, East Kalimantan, North Sulawesi, Central Sulawesi, South Sulawesi, Southeast Sulawesi, Gorontalo, West Sulawesi, Maluku, West Maluku and West Papua. This shows that education in each region in cluster 4 has better quality compared to other clusters.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2019/380/052001535
Uncontrolled Keywords: Angka Partisipasi Kasar (APK), Analisis Cluster Hierarki, dan Wajib Belajar 12 Tahun. Gross Participation Rate Values, Hierarchical Cluster Analysis, and 12-Year Compulsary Education.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 515 Analysis > 515.6 Other analytic methods
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:06
Last Modified: 04 Aug 2023 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179933
[thumbnail of Amirul Mukhlishin.pdf] Text
Amirul Mukhlishin.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item