Pemaknaan Seksualitas Oleh Dewasa Awal (Studi Fenomenologi Pada Followers Instagram @Inezkristanti) Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi

Trisoewito, Arista Damelia (2019) Pemaknaan Seksualitas Oleh Dewasa Awal (Studi Fenomenologi Pada Followers Instagram @Inezkristanti) Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seksualitas seringkali dianggap sebagai sesuatu yang tabu dan tidak layak untuk diperbincangkan, apalagi dibagikan informasinya secara bebas karena konstruksi yang telah tercipta adalah bahwa seksualitas sebatas hubungan badan antara laki-laki dan perempuan yang seharusnya dilakukan ketika sudah menikah. Padahal berdasarkan data dari beberapa penelitian dan survei yang dilakukan di Indonesia menggambarkan bahwa sebagian generasi muda Indonesia, khususnya pada kelompok usia dewasa awal (emerging adults) telah melakukan hubungan seksual pranikah dan membutuhkan informasi mengenai seksualitas yang tepat. Keluarga sebagai institusi pertama sekaligus inti nampaknya juga belum dapat memberikan peranan yang maksimal dalam menjalankan komunikasi yang berkaitan dengan literasi seksual. Oleh karena itu, kelompok usia dewasa awal ini mencari alternatif sumber informasi tentang seksualitas yang salah satunya didapatkan dari media sosial. Inez Kristanti yang merupakan psikolog klinis dewasa membuat sebuah sesi diskusi di Instagramnya (@inezkristanti) yang membagikan informasi seksualitas sekaligus menjadi wadah bagi followers-nya yang terlibat di dalamnya untuk saling berbagi pengalaman. Sebagian besar followers tersebut berada pada kelompok usia dewasa awal (emerging adults) yang sedang dalam tahap eksplorasi identitas dan mulai aktif secara seksual pun menjadikan akun @inezkristanti sebagai referensi literasi seksual. Motif, pengalaman, interaksi, pandangan, dan perilaku terhadap seksualitas menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan fenomenologi untuk memahami pengalaman masing-masing informan dalam memaknai seksualitas. Penentuan informan menggunakan metode purposive sampling yaitu empat orang informan yang berada pada kelompok usia dewasa awal dan mengikuti sesi diskusi di Instagram @inezkristanti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para informan memiliki motif karena (because motive) dan motif tujuan (in-order-to motive) dalam mencari informasi tentang seksualitas, serta pengalaman dan interaksi informan membuat seksualitas dimaknai sebagai sebuah pemahaman yang kompleks dan komprehensif, yang membutuhkan aspek tanggung jawab, kesiapan, dan penguasaan diri yang dipengaruhi oleh nilai-nilai agama dan kebudayaan yang diyakini secara individu.

English Abstract

Sexuality which is considered as taboo, tend to not be shared because of the social construction which perceived sexuality as the sexual intercourse between men and women through marriage. Otherwise, based on data from several studies and surveys conducted in Indonesia, it is illustrated that some of Indonesia's young generation, especially the emerging adults, has engaged in premarital sexual activity and needs information about proper sexuality. The family as the first institution as well as the main support system to the individual seems to not have been able to provide the role in family sexuality communication. Therefore, this emerging adults are looking for alternative sources of information about sexuality, one of which is obtained from social media. Inez Kristanti who is an adult clinical psychologist makes a discussion session on her Instagram (@inezkristanti) that shares sexuality information as well as a place for followers who are involved in it to share experiences. Most of these followers are the emerging adults, who are in the stage of identity exploration and are starting to become sexually active, making the @inezkristanti account a reference for their sexual literacy. Motives, experiences, interactions, views, and attitudes towards sexuality are the focus of this research. This study uses phenomenology to understand the experience of each informant in interpreting sexuality. Selection of informants using purposive sampling method, which involves four informants who are the emerging adults and follow the discussion session on Instagram @inezkristanti. The results of this study indicate that the informants have because motives because and in-order-to motive in finding information about sexuality, as well as the experiences and interactions of informants make sexuality interpreted as a complex and comprehensive understanding, which requires aspects of responsibility, readiness, and self-control that are influenced by religious and cultural values that are believed individually

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1226/052002820
Uncontrolled Keywords: Pemaknaan, seksualitas, fenomenologi, pengalaman.- Interpretation, sexuality, phenomenology, experience.
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.7 Sexual relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 21 Jul 2020 13:49
Last Modified: 31 Jul 2020 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179863
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item