Representasi Rasisme Dalam Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Dolce & Gabbana : Dg Loves China, Dove : New Body Wash Campaign & Detergen Qiaoby)

Nurliska, Nabilah (2019) Representasi Rasisme Dalam Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Dolce & Gabbana : Dg Loves China, Dove : New Body Wash Campaign & Detergen Qiaoby). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam artikel yang ditulis oleh Van Dijk (1999) yang berjudul ‘Rasisme Baru dalam Pemberitaan Media’, menjelaskan bahwa media memiliki peran dalam memberikan sumbangan terhadap rasisme baru. Dalam penelitian ini peneliti memilih tiga iklan yang mengandung representasi rasisme, yaitu iklan Dolce & Gabbana : DG Loves China, Dove : New Body Wash Campaign & Qiaobi. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana representasi rasisme yang terkandung dalam iklan Dolce & Gabbana : DG Loves China, Dove : New Body Wash Campaign & Qiaobi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi rasisme yang terkandung dalam iklan Dolce & Gabbana : DG Loves China, Dove : New Body Wash Campaign & Qiaobi. Teori semiotika Roland Barthes digunakan dalam penelitian ini dan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes pada iklan Dolce & Gabbana : DG Loves China, Dove : New Body Wash Campaign & Qiaobi, ketiga iklan tersebut terdapat representasi rasisme yang ditampilkan dalam iklan tersebut. Berdasarkan analisis menggunakan semiotika Roland Barthes dengan metode dua tahap yaitu denotasi dan konotasi. Secara denotasi masing-masing iklan ingin menyampaikan pesan iklan tersebut dengan cara yang unik dengan pendekatan menggunakan model dengan ras yang beragam dengan maksud untuk menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Secara konotasi, iklan Dolce & Gabbana : DG Loves China, Dove : New Body Wash Campaign & Qiaobi dengan menampilkan model dengan ras yang beragam, hal tersebut menyinggung beberapa ras dengan representasi rasisme yang ditafsirkan oleh audiens.

English Abstract

In an article called "New Racism in Media" by Van Dijk (1999), it is explained that the media, in fact, contribute to new kinds of racism. This study chooses three advertisement imbued with racially charge message, which are Dolce & Gabbana: DG Loves China, Dove: New Body Wash Campaign, and Qiaobi. This study aims to uncover how racism is represented in three said advertisements. This research is a qualitative research with constructivist point of view and uses Roland Barthes' theory of semiotics. The analysis shows that the denotation meaning of the advertisements tries to cater to wider audience by using talent from different ethnicities. however, the conotarion shows that the advertisements represent racism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1224/052002811
Uncontrolled Keywords: Rasisme, Semiotika Roland Barthes, Iklan-Racism, Roland Barthes’s Semiotics, Advertising
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.1 Advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 15 Nov 2020 12:11
Last Modified: 15 Nov 2020 12:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179861
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item