Hubungan Antara Ketidakpuasan Tubuh Dengan Persepsi Daya Tarik Fisik Pada Perempuan Emerging Adulthood

Quraina, Quasar (2019) Hubungan Antara Ketidakpuasan Tubuh Dengan Persepsi Daya Tarik Fisik Pada Perempuan Emerging Adulthood. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketidakpuasan tubuh dengan daya tarik fisik pada perempuan emerging adulthood. Subjek yang digunakan adalah perempuan berusia 18-25 tahun yang berada di Kota Malang. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu, accidental sampling, dengan jumlah partisipan sebanyak 300 partisipan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif korelasional. Dalam penelitian ini menggunakan dua instrument penelitian, yaitu skala ketidakpuasan tubuh menggunakan Body Dissatisfation Scale dari Rosen dan Reiter (1996) yang melalui proses modifikasi dan skala daya tarik fisik menggunakan The Estimating Physical Attractiveness Scale dari Swami dan Furham (2007) yang di transadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang akan digunakan adalah spearman untuk menguji korelasi antara kedua variabel yang diteliti. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu terdapat hubungan negatif antara ketidakpuasan tubuh dan daya tarik fisik pada perempuan emerging adulthood.

English Abstract

This study aims to determine the correlation between physical attractiveness and body dissatisfaction in emerging adulthood woman. The subjects participants in this research were emerging adulthood woman, aged 18-25 years old in Malang. The sampling technique is accidental sampling, with 300 participants. The method used in the study is quantitative correlational. This study using two research instruments, the scale body dissatisfaction using the Body Dissatisfaction Scale from Rosen and Reiter (1996) through a process of modification and the scale physical attractiveness using the Estimating Physical Attarctiveness Scale from Swami and Furham (2007) through a process of transadaptation. The results of this study are that, there is a negative correlation between body dissatisfaction with physical attractiveness on woman emerging adulthood.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1223/052002774
Uncontrolled Keywords: Ketidakpuasan Tubuh, Daya Tarik Fisik, Perempuan Emerging Adulthood-Body Dissatisfaction, Physical Attractiveness, Woman Emerging Adulthood.
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.4 Women > 305.42 Social role and status of women
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:41
Last Modified: 10 Aug 2020 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179857
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item