Khrisna, Komang Vidya Ananta (2019) Analisis Komunikasi Pariwisata Tari Kecak Ubud Bali Sebagai Objek Wisata Budaya Tradisional Bali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bali merupakan sebuah Pulau yang memilki begitu banyak beragam kebudayaan, adat istiadan dan kesenian, peniggalan bersejarah, daaerah- daerah pendalaman yang indah dan juga kehidupan malam seperti layaknya di Jakarta, menyebabkan banyak sekali hal yang dapat dijadikan sebagai faktor pariwisata, terutama kesenian daerah yang menjadi faktor utama dalam pariwisata Bali. Komunikasi Promosi Pariwisata dalam hal ini dapat membantu perkembangan objek pariwisata sehingga dapat menarik perhatian wisatawan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Komunikasi Promosi Pariwisata Tari Kecak Ubud Bali Sebagai Objek Pariwisata Tradisional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara semi tersrtuktur, observasi online, dan dokumentasi kepada Pihak Organisasi Banjar Ubud dan juga Pura-pura tempat Pelaksanaan pentas Seni Tari Kecak. Hasil penelitian ini menemukan hasil bahwa penggunaan Komunikasi Promosi Pariwisata mempunyai tujuan untuk meningkatkan awareness wisatawan terhapdat Objek Pariwsata Tari Kecak sehingga Organisasi Banjar Ubud dapat mengumpulkan dana untuk pembantuan renovasi dan perawatan pura.
English Abstract
Bali is an island that has so many diverse cultures, customs and arts, historical passages, beautiful deepening areas and also nightlife like in Jakarta, causing a lot of things that can be used as a factor of tourism, especially regional art which is a factor major in Bali tourism. Tourism Promotion Communication in this case can help the development of tourism objects so that they can attract the attention of tourists. The purpose of this study is to describe the Communication Promotion of Tourism in the Bali Ubud Kecak Dance as a Traditional Tourism Object. This research uses qualitative research with descriptive methods. This study uses a technique of collecting semi-structured interview data, online observation, and documentation to the Banjar Ubud Organizations and also the Temple where the performance of the Kecak Dance is performed. The results of this study found that the use of Tourism Promotion Communication aims to increase tourist awareness of the Kecak Tourism Objects so that the Banjar Ubud Organization can raise funds to help with renovation and temple maintenance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/1221/052002772 |
Uncontrolled Keywords: | Pariwisata, Komunikasi Pariwisata, Strategi Promosi Pariwisata, Banj-Tourism, Tourism Communication, Tourism Promotion Strategy, Ubud Banjar. |
Subjects: | 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.4 Spesific aspects of culture > 306.48 Recreation and performing arts > 306.481 General topics of recreation > 306.481 9 Travel and tourism |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Agus Wicaksono |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 13:49 |
Last Modified: | 31 Jul 2020 07:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |