Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing: Studi Pada UMKM Keripik Tempe Di Kota Malang

Fatikha, Cindera (2020) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing: Studi Pada UMKM Keripik Tempe Di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran; menguji pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Sampel pada penelitian ini adalah 132 pemilik UMKM dari populasi sebanyak 463 pemilik UMKM keripik tempe. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan koefisien 0,313. Orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan koefisien 0,299. Orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan koefisien 0,477. Orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan koefisien 0,414. Keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan koefisien 0,363. Orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing dengan koefesien 0,173 dan 0,150. Variabel orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh yang lebih besar dari pada variabel orientasi pasar. Keunggulan bersaing berperan sebagai variabel mediasi parsial bagi orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar. Penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan merupakan faktor yang dominan untuk meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran.

English Abstract

The objective of this study is to analyze the influence of entrepreneurial orientation, market orientation and competitive advantage on marketing performance and to assess the effect of entrepreneurial orientation and market orientation on marketing performance with the mediation of competitive advantage. Using purposive sampling, 132 of 463 owners of micro, small, and medium-sized tempe chips enterprises were selected as the sample. The data was analyzed using Partial Least Squares (PLS). The study finds that entrepreneurial orientation significantly influences marketing performance with a coefficient of 0.313. Market orientation significantly influences marketing performance with a coefficient of 0.299. Entrepreneurial orientation significantly influences competitive advantage with a coefficient of 0.477. Market orientation significantly influences competitive advantage with a coefficient of 0.414. Competitive advantage significantly influences marketing performance with a coefficient of 0.363. Entrepreneurial orientation and market orientation influences marketing performance through competitive advantage with coefficients 0.173 and 0.150. The entrepreneurial orientation variable has a greater influence than the market orientation variable. Competitive advantage is a partial mediating variables for entrepreneurial orientation and market orientation.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/FAT/p/2019/042001965
Uncontrolled Keywords: MARKETING--MANAGEMENT, ENTREPRENEURSHIP
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:42
Last Modified: 02 Jan 2024 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179820
[thumbnail of Cindera Fatikha (2).pdf] Text
Cindera Fatikha (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item