Simbolisasi Produk Dan Budaya Jepang Dalam Lirik Dan Video Klip Lagu “Tokyo Bon (Makudonarudo)” Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure

Chasanah, Lutfi Uswatun (2019) Simbolisasi Produk Dan Budaya Jepang Dalam Lirik Dan Video Klip Lagu “Tokyo Bon (Makudonarudo)” Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyebaran budaya populer melalui globalized localism tidak hanya dilakukan oleh negara barat namun juga oleh negara Asia seperti Jepang. Sebagai negara yang terkenal akan industri kreatif dan hiburannya, Jepang memiliki ragam hiburan yang bervariasi, salah satunya adalah dengan musik klip video Tokyo Bon “Makudonarudo”. Video klip dari lagu Tokyo Bon “Makudonarudo” merupakan bentuk simbolisasi yang menampilkan budaya Jepang secara visual yang terlihat dari cara berpakaian, cara berinteraksi, tarian, bahasa dan lain-lain. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan makna simbolisasi produk dan budaya Jepang dalam lirik lagu dan video klip Tokyo Bon “Makudonarudo” menggunakan analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dengan jenis penelitian kualitatif melalui metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dalam bentuk dokumentasi dengan metode simak baca, dengar dan catat lagu dan lirik dalam musik Tokyo Bon “Makudonarudo”. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan semiotika Ferdinand de Saussure. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa musik klip video Tokyo Bon “Makudonarudo” penuh dengan simbolisasi budaya dan produk Jepang yang ingin diperkenalkan dan ditegaskan keberadaannya sebagai identitas budaya Jepang. Simbolisasi produk dan budaya Jepang dalam lagu tersebut merupakan bentuk diplomasi dan komunikasi budaya dari Jepang terhadap dunia Internasional sebagai upaya untuk mempertahankan identitas budaya.

English Abstract

The spread of popular culture through globalized localism is not only done by western countries but also by Asian countries such as Japan. As a country that is famous for its creative and entertainment industries, Japan has a variety of varied entertainment, one of which is with the music video clip Tokyo Bon “Makudonarudo”. Video clip from the Tokyo Bon “Makudonarudo” is a form symbolization of products that displays Japanese culture visually that is seen from the way to dress, how to interact, dance, language and others. The purpose of this research is to find out and explain the meaning of symbolization of Japanese products and culture in song lyrics and video clips Tokyo Bon “Makudonarudo” using Ferdinand de Saussure's semiotic analysis. This study uses a critical paradigm with qualitative research through descriptive methods. This study uses data collection techniques in the form of documentation with the method of reading, listening and recording songs and lyrics in the music Tokyo Bon “Makudinarudo”. The analysis technique used is using Ferdinand de Saussure's semiotics. The results of this study indicate that the music video clip of Tokyo Bon “Makudonarudo” is full of symbolization of Japanese culture and products that want to be introduced and affirmed as being Japanese cultural identity. The symbolization of Japanese products and culture in the song is a form of diplomacy and cultural communication from Japan to the international world as an effort to maintain Japanese cultural identity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1216/052002736
Uncontrolled Keywords: Simbolisasi, Globalisasi Produk dan Budaya, Musik Klip Video.- Symbolization, Product and Culture Globalization, Music Video Clips.
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.095 2 Culture and institutions (Jepang)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 21 Jul 2020 13:49
Last Modified: 31 Jul 2020 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179819
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item