Studi Potensi Energi Gelombang Di Perairan Selatan Jawa Barat Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Sistem Oscillating Water Column (PLTGL-OWC)

Apriansyah, Zulkhair (2019) Studi Potensi Energi Gelombang Di Perairan Selatan Jawa Barat Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Sistem Oscillating Water Column (PLTGL-OWC). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Terbatasnya sumber energi yang berasal dari fosil seperti minyak, batu bara, dan lain sebagainya, menjadi hal yang genting mengingat semakin bertambahnya kebutuhan energi setiap saat. Kondisi ini memaksa kita mencoba mencari energi alternatif yang terbarukan. Indonesia adalah negara dengan wilayah laut yang luas, tetapi hingga saat ini potensi laut sebagai sumber energi terbarukan belum berkembang dengan baik. Potensi yang besar ini padahal bisa menjadi sumberdaya yang sangat besar bagi Indonesia. Potensi energi gelombang yang besar di perairan selatan jawa, khususnya jawa barat, membuat daerah ini harus menjadi salah satu wilayah yang menjadi fokus utama dalam pemanfaatan energi gelombang laut. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah memetakan sebaran gelombang di kawasan perairan selatan Jawa Barat secara time series selama 10 tahun, menghitung besar daya potensi energi dari gelombang laut di kawasan perairan selatan Jawa Barat, memberikan rekomendasi lokasi potensial pemasangan turbin pembangkit listrik. Penelitian terbagi dalam dua tahap, yaitu perhitungan potensi daya listrik dari gelombang di perairan selatan Jawa Barat, serta penentuan lokasi rekomendasi pemasangan perangkat pembangkit listrik. Pengukuran potensi daya listrik dilakukan dengan metode deskriptif analitik. Penentuan lokasi rekomendasi pemasangan perangkat dilakukan dengan metode analisis multi kriteria, dimana kriteria, parameter, dan pembobotan yag dipilih mengacu pada Flocard (2016). Kriteria-kriteria ini kemudian dinalisis guna menemukan lokasi potensial untuk PLTGL. Potensial daya yang dapat dibangkitkan dari energi gelombang di perairan selatan Jawa Barat bervariasi. Nilai potensial daya listrik paling tinggi terdapat di stasiun 19, dengan nilai potensial daya listrik sebesar 220,89 kW. Sementara, stasiun 1 memiliki potensial daya listrik terkecil yaitu 176,17 kW. Hasil perhitungan indeks kesesuaian setiap stasiun menunjukkan bahwa lokasi yang sangat potensial untuk PLTGL-OWC berada di stasiun 3, 4, dan 5 dengan indeks kesesuaian mencapai 0,67. Stasiun dengan indeks potensi yang paling rendah adalah stasiun 15 dengan indeks kesesuaian hanya sebesar 0,37.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/1009/052001750
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere > 551.46 Oceanography and submarine geology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:11
Last Modified: 25 Oct 2021 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179785
[thumbnail of Zulkhair Apriansyah.pdf]
Preview
Text
Zulkhair Apriansyah.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item