Julaikah, Siti (2019) Pengembangan Sistem Monitoring Penggunaan Air Hippam (Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum) Dharma Tirta Desa Bogorejo Kecamatan Bancar-Tuban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Air merupakan sumber daya alam yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari untuk minum, mandi dan mencuci. Tetapi, banyak orang yang tidak memperhatikan jumlah penggunaan air yang telah digunakan dan mengakibatkan penggunaan air menjadi boros. HIPPAM Dharma Tirta Desa Bogorejo merupakan merupakan Badan Usaha Penyaluran Air di Desa Bogorejo Kecamatan Bancar-Tuban yang dibangun secara inisiatif sendiri atas persetujuan dari seluruh masyarakat desa bogorejo. Kepala desa bogorejo menjelaskan, bahwa pengelolaan data pelanggan dan data rekapitulasi tahunan HIPPAM masih dilakukan dengan manual yaitu dicatat di buku. Pelanggan juga sering tidak memperhatikan jumlah pemakaian, tidak mengingat jatuh tempo pembayaran dan tidak adanya pemberitahuan sebelumnya atas masalah terkait HIPPAM. Penelitian ini akan membahas cara pendataan yang maksimal untuk data pelanggan dan monitoring jumlah penggunaan air dengan dibuatlah sebuah aplikasi berbasis website dan android. Petugas melakukan pemindaian QR Code sebagai id pelanggan yang tertempel pada setiap stand meter pelanggan untuk memasukkan data pelanggan kemudian data pelanggan otomatis akan tersimpan dalam database. Semua pemberitahuan terkait masalah HIPPAM dikirim melalui SMS Gateway. Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman java dan PHP 7.2. Metode prototyping digunakan sebab memiliki alur pengembangan untuk mengetahui kebutuhan langsung dari pengguna dan memenuhi kebutuhan yang berubah-ubah. Observasi dan wawancara digunakan dalam proses pengumpulan data. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian fungsionalitas diantaranya pengujian unit dan validasi yang diperoleh hasil valid semua. Pengujian non fungsionalitas menggunakan pengujian usability dengan metode System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, pengguna menilai aplikasi dengan nilai rata-rata skor SUS diperoleh skor 100 dari sisi admin, 82,5 dari sisi pelanggan dan 100 dari sisi petugas. Angka tersebut membuktikan jika aplikasi memiliki kegunaan, kemudahan dan kepuasan yang baik untuk pengguna. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibuat dapat diterima oleh pengguna.
English Abstract
Water is a natural resource that is very useful in everyday life for drinking, bathing and washing. However, many people do not pay attention to the amount of water used that has been used and resulted in wasteful use of water. HIPPAM Dharma Tirta Bogorejo Village is a Water Distribution Enterprise in Bogorejo Village, Bancar-Tuban Subdistrict, which was built on its own initiative with the approval of the entire bogorejo village community. The village head of Bogorejo explained that the management of HIPPAM's annual customer data and recapitulation data is still done manually, which is recorded in a book. Customers also often do not pay attention to the amount of usage, do not remember the payment due and the absence of prior notice of problems related to HIPPAM. This research will discuss the maximum data collection method for customer data and monitoring the amount of water usage by making a website and android based application. The officer scans the QR Code as the customer id attached to each customer stand meter to enter customer data then the customer data will automatically be stored in the database. All notifications related to HIPPAM issues are sent via SMS Gateway. The application is created using the Java programming language and PHP 7.2. The prototyping method is used because it has a development flow to find out the immediate needs of users and meet changing needs. Observations and interviews are used in the data collection process. Tests carried out namely testing functionality including unit testing and validation obtained all valid results. Non-functional testing uses usability testing with the System Usability Scale (SUS) method. Based on the results of tests conducted, users assess the application with an average value of the SUS score obtained a score of 100 from the admin side, 82.5 from the customer side and 100 from the officer side. This figure proves if the application has good usability, convenience and satisfaction for the user. So, it can be concluded that the system created can be accepted by the user.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/739/052001219 |
Uncontrolled Keywords: | HIPPAM, SMS Gateway, prototyping, QR Code, pengujian usability, System Usability Scale (SUS) |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 07:55 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 07:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |