Pengembangan Aplikasi Taman Hiburan Berbasis ANDROID

Andaryanto, Bagas (2019) Pengembangan Aplikasi Taman Hiburan Berbasis ANDROID. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dikerjakan berdasarkan sebuah permasalahan yang sangat sering dijumpai dalam kehidupan yaitu bertransaksi secara manual. Wisatawan seringkali merasa kesusahan dalam melakukan transaksi secara manual untuk berbagai pembayaran pada saat liburan. Selain itu mengatur pengeluaran tanpa adanya pendataan apapun. Permasalahan lainnya yaitu, wisatawan yang tidak mengerti tempat wisata apa yang harus dikunjungi. Solusi yang dapat ditawarkan pada permasalahan ini adalah dibuatnya sistem dengan adanya cashless payment. Dengan begitu pembayaran akan terasa cepat dan tercatat pada aplikasi. Hal ini dapat sedikit membantu konsumen untuk mengatur pengluaran saat liburan. Selain itu penjual juga tidak perlu repot untuk mencari uang kembali untuk konsumen. Pada penelitian ini mengambil 3 studi kasus yang memiliki proses bisnis yang sama. Hal ini akan memberikan pilihan kepada wisatawan untuk berkunjung kemana. Tidak hanya itu, dalam penelitian ini pula wisatawan dapat mengetahui lokasi dari tiap wahana yang ada di taman hiburan sehingga wisawatan akan dengan mudah menuju ke lokasi tanpa tersesat. Sistem ini dibangun dengan sistem operasi android dalam sebuah perangkat bergerak. Pengujian yang dilakukan untuk sistem ini sendiri adalah pengujian unit dan integrasi dengan whitebox testing dan pengujian validasi yang menghasilkan nilai uji valid 100% dengan blackbox testing.

English Abstract

This research is done based on a problem that we can easily found in real life that we are often making a transaction manually. The tourist will find that doing manual transaction while on a vacation will be very difficult, it is hard to control the flow of our money without making any note for it. The other problem is, the tourist are sometimes got confused to determine a place for a vacation. The solution of this problem is a cashless payment system. With a cashless payment, it will allow you to at least know where your money went and how much you spend while you are on a vacation. In addition, the sellers also doesnt need to bother look for some change. In this study there is 3 case studies that have the same business prosess. Not only that, this research will also give a tourist an excact location of them and will lead them to a certain place on a amusement park, that will reduce the potential of getting lost. This system is having an android operating system in a mobile device. The system testing in this system is unit testing and integration testing using a whitebox testing method and the other one is validation testing which resulting a 100% valid value for all test cases using a blackbox testing method.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/697/052001212
Uncontrolled Keywords: amusement park, cashless payment, vacation
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.1 Programming > 005.106 85 Software engineering / Capability maturity model (Computer software)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:57
Last Modified: 10 Aug 2020 07:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179687
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item