Aplikasi Unique Mathematical Goal Programming dalam Perencanaan Penjualan (Studi Kasus: TB. Bina Usaha)

Ramadhanty, Erlina Narulita and Kwardiniya Andawaningtyas, S.Si., M.Si. (2019) Aplikasi Unique Mathematical Goal Programming dalam Perencanaan Penjualan (Studi Kasus: TB. Bina Usaha). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis yang semakin pesat mengakibatkan persaingan pasar semakin ketat. Perusahaan harus mengoptimalkan sumber daya yang ada dan membentuk manajemen perusahaan, terutama perencanaan, yang efisien agar dapat bersaing dengan perusahaan lain dan dapat memenuhi permintaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan barang-barang menggunakan analisis ABC, meramalkan jumlah permintaan barangbarang kelompok A pada masa yang akan datang menggunakan metode double exponential smoothing dari Brown, dan menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan perusahaan menggunakan model Unique Mathematical Goal Programming. Hasil yang diperoleh pada analisis ABC sebanyak 15 barang kelompok A, 58 barang kelompok B, dan 85 barang kelompok C. Barang-barang kelompok A diramalkan jumlah masing-masing jenis barang untuk digunakan sebagai variabel keputusan pada Unique Mathematical Goal Programming. Hasil Unique Mathematical Goal Programming menunjukkan bahwa sasaran memenuhi permintaan konsumen terpenuhi dengan output keuntungan sebesar Rp 161.014.900 dan biaya pengeluaran sebesar Rp. 2.795.846.000.

English Abstract

The development of increasingly rapid business resulted in increasingly fierce market competition. Companies must optimize existing resources and form company management, especially planning, which is efficient in order to compete with other companies and can satisfy consumer demand. This study aims to classify items using ABC analysis, predict the number of requests for group A goods in the future using the double exponential smoothing method from Brown, and complete the objectives set by the company using the Unique Mathematical Goal Programming model. The results obtained in ABC analysis were 15 items in group A, 58 items in group B, and 85 items in group C. Group A items are predicted by the number of each type of goods to be used as decision variables in the Unique Mathematical Goal Programming. The Unique Mathematical Goal Programming results show that the target meets the consumer demand is met with an output of Rp 161.014.900 and expenses of Rp 2.795.856.000.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2019/508/052001665
Uncontrolled Keywords: analisis ABC, double exponential smoothing, unique mathematical goal programming, ABC analysis, double exponential smoothing, unique mathematical goal programming
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.7 Programming
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:58
Last Modified: 31 Aug 2022 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179680
[thumbnail of Erlina Narulita Ramadhanty.pdf] Text
Erlina Narulita Ramadhanty.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item