Safitri, Yuzrina Dewi (2019) Penerapan Model Antrian pada M/M/C pada Antrian Pasien Poli Gigi (Studi Kasus: Poli Gigi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Poliklinik Universitas Brawijaya merupakan unsur pelaksana nonakademik universitas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan civitas akademika beserta keluarganya, serta masyarakat umum. Terdapat beberapa pelayanan yang tersedia di Poliklinik Universitas Brawijaya seperti poli umum, rawat luka, dan lain-lain. Pada skripsi ini akan diteliti antrian pada Poli Gigi dengan tiga server yang terbuka dan dua pelayanan. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 3-17 September 2018. Data pada penelitian ini meliputi waktu antar kedatangan pasien dan waktu pelayanan pasien pada setiap tahap. Data yang diperoleh kemudian dihitung karakteristik antrian dengan menggunakan model antrian . Hasil perhitungan karakteristik diperoleh rata-rata tingkat kedatangan pasien (λ) adalah 6,85 pasien/jam. Rata-rata tingkat pelayanan pasien (μ) adalah 5,68 pasien/jam. Rata-rata waktu menunggu pasien dalam antrian ( ) adalah 137,8 menit. Tingkat kesibukan pelayanan yaitu 40,2%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penumpukan pasien terjadi karena pada tahap pelayanan membutuhkan waktu yang cukup lama
English Abstract
The University of Brawijaya Polyclinic is a non-academic implementing element of the university that provides health services for the academic community and their families, as well as the general public. There are several services available at the University of Brawijaya Polyclinic such as general poly, wound care, and others. In this thesis, there is a queue at Dental Poly with three open servers and two services. Data collection was carried out on 3-17 September 2018. Data in this study included the time between patient arrival and patient service time at each stage. The data obtained then calculated the characteristics of the queue using the queue model. The characteristic calculation results obtained by the average patient arrival rate (λ) is 6.85 patients/hour. The average patient service level (μ) is 5.68 patients/hour. The average waiting time for patients in the queue ( ) is 137,8 minutes. The level of service activity is 40,2%. Therefore, it can be concluded that patient accumulation occurs because at the service stage it takes a long time.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/MIPA/2019/368/051911048 |
Uncontrolled Keywords: | antrian, M/M/C, Poli Gigi |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.8 Special topics of applied mathematics > 519.82 Queuing |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 08:01 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 04:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179643 |
Text
Yuzrina Dewi Safitri.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |