Analisis Kualitas Situs Web Pemerintah Daerah Pelayanan Perijinan Terpadu Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Model E-Govqual (Studi Kasus: Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur)

Pratiwi, Anggi Dewi Eka (2019) Analisis Kualitas Situs Web Pemerintah Daerah Pelayanan Perijinan Terpadu Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Model E-Govqual (Studi Kasus: Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) menjadi satu instansi pemerintahan yang telah menerapkan e-gov dalam pelayanannya. Salah satu layanan yang disediakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah situs web Perijinan Terpadu (http://www.perijinan.kubarkab.go.id). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan situs web Perijinan Terpadu terhadap kepuasan pengguna. Variabel yang diteliti disesuaikan dengan model e-govqual yang terdiri dari Usability, Information Quality, Security, Public Responsiveness. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada 6 partisipan, yang terbagi menjadi dua kategori yaitu, partisipan yang sudah pernah menggunakan dan yang belum pernah menggunakan.Hasil yang didapatkan dari penelitian ini, pada variabel Usability dinilai baik, namun pada indikator Multibahasa memang belum tersedia. Information Quality dinilai cukup baik, pada indikator Information Timelinessketepatan waktu menampilkan informasi perlu ditingkatkan. Variabel Security memperoleh penilaian baik namun tetap perlu untuk meningkatkan keamanan privasi data pengguna pada situs web maupun melalui instansi. Variabel Public Responsiveness dinilai cukup baik. Pada indikator Goverment Responsiveness perlu untuk meningkatkan respon tanggapan terhadap saran maupun pertanyaan warga pengguna.

English Abstract

Penanaman Modal and Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) become one government agency that has implemented e-gov in its services. One of the services provided by the One Stop Investment and Integrated Services Officeis the Integrated Licensing website (http://www.perijinan.kubarkab.go.id). This study aims to determine the quality of Integrated Licensing website services to user satisfaction. The variables studied were adjusted to the e-govqual model consisting of Usability, Information Quality, Security, Public Responsiveness. The type of data obtained in this study is in the form of qualitative data. Data collection was carried out by interviewing 6 participants, which were divided into two categories namely, participants who had used it and those who had never used it. The results obtained from this study, the Usability variable was considered good, but the Multilingual indicator was not yet available. Information Quality is considered quite good, the Information Timeliness indicator, the timeliness of displaying information needs to be improved. The Security variable gets a good rating but still needs to improve the security of the user's data privacy on the website or through agencies. Public Responsiveness variable is considered quite good. In the Government Responsiveness indicator it is necessary to improve the response to responses to questions and questions from citizens of users.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/722/052001171
Uncontrolled Keywords: E-Government, E-Govqual, Qualitative, Layanan Publik
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:03
Last Modified: 10 Aug 2020 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179612
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item