Penerapan Analisis Komponen Utama Dan Analisis Biplot Pada Data Bauran Pemasaran Produk Lipstick (Studi Kasus Pada Mahasiswi Di Kota Malang)

Fitriana, Khoirunnisa (2019) Penerapan Analisis Komponen Utama Dan Analisis Biplot Pada Data Bauran Pemasaran Produk Lipstick (Studi Kasus Pada Mahasiswi Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis komponen utama merupakan salah satu analisis multivariat yang bertujuan untuk mereduksi variabel asal menjadi beberapa variabel komposit dengan jumlah yang lebih sedikit tanpa menghilangkan karakteristik dari variabel asal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan skor komponen dan pemetaan dimensi variabel laten bauran pemasaran dan merek produk lipstick. Menggunakan data primer yang didapat melalui penyebarkan kuesioner kepada 100 mahasiswi di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan tujuh dimensi yang membentuk variabel laten bauran pemasaran yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Berdasarkan analisis komponen utama didapatkan dua PC dan skor komponen dimensi variabel bauran pemasaran. Grafik biplot menunjukkan bahwa persentase keragaman yang diberikan dari komponen utama dan kedua adalah sebesar 92,03%.

English Abstract

Principal component analysis is a multivariate analysis that is used to reduce a number of variables to a small number of composite variables without eliminating the characteristics of the origin variable. The purpose of this research was to obtain component scores and mapping of marketing mix and lipstick products brands. The primary data used recorded by distributing questionnaires to 100 female college students in Malang that used lipstick product. This research studied seven dimensions that form the marketing mix latent variables namely product, price, place, promotion, people, process and physical evidence. Based on principal component analysis obtained two PCs and the score components of marketing mix variable. The Biplot graph showed that the percentage of diversity given by the main and second components is 92,03%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2019/230/051911010
Uncontrolled Keywords: Analisis Komponen Utama, Analisis Biplot, Bauran Pemasaran, Principal Component Analysis, Biplot Analysis, Marketing Mix
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics > 519.53 Descriptive statistics, multivariate analysis, analysis of variance and covariance
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:14
Last Modified: 10 Aug 2020 08:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179512
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item