Pengembangan aplikasi Web Pelacakan harga situs Web E-Commerce.

Fauzi, Muhammad Fandy Fahreza Ramadhana (2019) Pengembangan aplikasi Web Pelacakan harga situs Web E-Commerce. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

E-commercesemakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Pada tahun 2017,lima e-commercedengan jumlah pengunjung unik terbanyak mengalami rata-rata pertumbuhan sebesar 97 persen.Dengan pertumbuhan yang signifikan, perusahaan e-commerce yang relatif baru harus menggunakan berbagai cara agar dapat bersaing dalam industri ini. Taktik yang digunakan dapat berupa promo gratis ongkos kirim, diskon besar, hingga flash sale. Terdapat pulae-commerce yang menggunakan cara yang tidak baik dalam program diskon mereka demi menarik perhatian pelanggan. Terdapat fenomena "diskon palsu", di mana diskon yang diberikan tampak fantastis, namun sebenarnya diskon tersebut diberikan setelah harga asli barang tersebut dinaikkan terlebih dahulu. Pada HARBOLNAS tahun 2016 ditemukan diskon palsu pada situs e-commerceLazada, di mana terdapat tawaran ponsel XiaomiRedmiNote 4 yang disebut berbanderol Rp 99 juta dan didiskon menjadi Rp 2.175.000. Harga diskon yang ditawarkan sebenarnya merupakan harga asli ponsel tersebut. Banyak pengguna tidak menyadari hal tersebut karena telah dipengaruhi persentase diskon yang besar, tanpa mengetahui harga asli barang tersebut sebelum diberikan diskon. Mayoritas pelanggan tidak mengingat harga sebelum perubahan, karena tidak adatampilan riwayat harga produk. Berdasarkan masalah tersebut, dikembangkanlah Aplikasi Web Pelacakan Harga Situs Web E-Commerceyang dapat digunakan pengguna e-commerce untuk melakukan pelacakan harga. Pelanggan dapat memasukkan tautan produk ke dalam aplikasi, yang memiliki mekanisme pencatatan harga produk secara otomatis dengan teknik scraping, dan disimpan dalam basis data sebagai data riwayat harga produk. Pengguna juga diberikan notifikasi ketika harga produk menyentuh target tertentu yang telah ditetapkan pengguna.Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah waterfall model.Kemudian untuk menguji hasil implementasi akan dilakukan pengujian validasi, pengujian performa, dan pengujian UserAcceptance Testing (UAT). Dari tahap pengujian didapatkan hasil bahwa aplikasi yang dikembangkan dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna dan perancangan yang telah dibuat, memiliki performa yang baik, dan mampu menjadi solusi atas permasalahan diskon dan harga pada e-commerce.

English Abstract

E-commerceisincreasingly in demandbythepeopleof Indonesia. In 2017,fivee-commercesiteswiththehighestnumberofuniquevisitorsexperiencedanaveragegrowthof 97 percent. Withsignificantgrowth, thenewere-commercecompanymustusevariousmethods in order tocompete in thisindustry. The tacticsusedcanbe in theformoffreeshippingpromos, bigdiscounts, toflashsales. There are alsoe-commercesitesthatuseunfavorablemethods in theirdiscountprogramstoattracttheattentionofcustomers. Thereis a phenomenonof "fakediscount", wherethediscountgivenlooksfantastic, butactuallythediscountisgivenaftertheoriginalpriceofthe item isincreasedfirst. At HARBOLNAS 2016, a fakediscountwasfoundontheLazadae-commercesite, wheretherewasanofferof a XiaomiRedmiNote 4 cellphonepricedat Rp 99 millionandwasdiscountedto Rp 2,175,000. The discountpriceofferedisactuallytheoriginalpriceofthemobilephone. Manyusers are not awareofthisbecausetheyhavebeeninfluencedby a largediscountpercentage, withoutknowingtheoriginalpriceofthe item beforebeinggiven a discount. The majorityofcustomersdo not rememberthepricebeforethechange, becausethereisnoproductpricehistory. Basedontheseproblems, theWeb ApplicationforPriceTrackingof E-CommerceWebsitecanbedevelopedwhichcanbeusedbye-commerceuserstotrackprices. Customerscanenterproductlinksintotheapplication, which has a mechanismforrecordingproductpricesautomaticallybyscrapingtechniques, andisstored in a database as historicalproductprice data. Users are alsogiven a notificationwhenthepriceof a productreaches a certain target set bytheuser. The softwaredevelopmentmethodusedisthewaterfall model. Thentotesttheresultsoftheimplementation, itwillbetestedusingvalidationtesting, performancetesting, andUserAcceptanceTesting (UAT). Fromthetesting phase, theresultsshowthatthedevelopedapplicationcanrunaccordingtouserneedsanddesignthat has beenmade, has goodperformance, andisabletobe a solutiontothe problem ofdiscountsandprices in e-commerce

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/745/052001213
Uncontrolled Keywords: : e-commerce, diskon palsu, pelacakan harga, scraping, aplikasi web
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:16
Last Modified: 10 Aug 2020 08:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179481
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item