Evaluasi Usability Pada Website Malangmenyapa.Malangkota.Go.Id Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Malang Menggunakan Metode Usability Testing

Erwin, Muhammad Faishal (2019) Evaluasi Usability Pada Website Malangmenyapa.Malangkota.Go.Id Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Malang Menggunakan Metode Usability Testing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui permasalahan usability dari malangmenyapa.malangkota.go.id pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dengan menggunakan metode usability testing dan memberikan rekomendasi perbaikan berupa prototype. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode usability testing dan wawancara untuk melakukan penggalian masalah pada website Malang Menyapa dan untuk mengukur tingkat usability dari malangmenyapa.malangkota.go.id menggunakan task scenario dan kuisioner. Pengujian task scenario dan wawancara dilakukan kepada 5 partisipan dan pengisian kuisioner dilakukan 20 responden yang terdiri dari pengguna baru dan pengguna lama dari website malangmenyapa.malangkota.go.id. Hasil dari penelitian ini menemukan 4 permasalahan yaitu tampilan yang masih berantakan, tidak terdapatnya fitur pencarian cepat, beberapa fitur link sosial media yang tidak aktif, dan tampilan list event terlalu banyak load dalam satu halaman. Hasil tingkat usability pengujian awal diantaranya pada tingkat kemudahan pengguna sebesar 74%, tingkat kecepatan pengguna 0.04 goals/sec, tingkat kesalahan pengguna 0.084, dan tingkat kepuasan pengguna sebesar 63.5. Setelah dilakukan perbaikan pada tampilan website, hasil tingkat usability pada tingkat kemudahan pengguna meningkat menjadi 98%, tingkat kecepatan pengguna meningkat menjadi 0.10 goals/sec, tingkat kesalahan pengguna menurun menjadi 0.010 dan tingkat kepuasan pengguna sebesar 81.1 pada website malangmenyapa.malangkota.go.id.

English Abstract

The purpose of this study was to determine the usability problems of malangmenyapa.malangkota.go.id in the Culture and Tourism Office of Malang City using the usability testing method and provide recommendations for improvements in the form of Prototype. The method used in this study is the usability testing and interview methods to conduct problem excavation on the Malang Menyapa website and to measure the usability level of malangmenyapa.malangkota.go.id using task scenario and questionnaire. Task scenario testing and interviews were conducted with 5 participants and filling out questionnaires was carried out by 20 respondents consisting of new users and old users from the website malangmenyapa.malangkota.go.id. The results of this study found 4 problems, namely the appearance that is still messy, there is no fast search feature, some features of social media links are not active, and the event list display is too much to load on one page. The results of the initial usability test level include the user convenience level of 74%, the user speed level of 0.04 goals / sec, the user error rate of 0.084, and the user satisfaction level of 63.5. After repairs on the appearance of the website, the results of usability levels at the user's convenience level increased to 98%, the user speed level increased to 0.10 goals / sec, the user error rate decreased to 0.010 and the user satisfaction level was 81.1 on the malangmenyapa.malangkota.go.id

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/741/052001221
Uncontrolled Keywords: usability, usability testing, Malang Menyapa website
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jul 2020 12:39
Last Modified: 31 Jul 2020 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179477
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item