Penerapan Analisis Profil Indikator Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Internet Operator Gsm Prabayar Di Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang

Nisa, Oktavia Khoirun (2019) Penerapan Analisis Profil Indikator Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Internet Operator Gsm Prabayar Di Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumen memilih internet dari operator seluler yang ada dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Dengan demikian, perusahaan dituntut untuk dapat memantau kepuasan dan loyalitas konsumennya guna bersaing dengan operator lain. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menentukan grup pengguna internet dari operator GSM prabayar di Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang yang memiliki profil tertinggi berdasarkan kepuasan dan loyalitas pengguna. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan sampel sebanyak 30 responden dari masing-masing pengguna internet Telkomsel, Indosat, Tri dan XL. Pengujian MANOVA yang digunakan dalam pengujian pada perbedaan nilai tengah antar pengguna internet operator dilakukan terlebih dahulu, dengan syarat asumsi terpenuhi. Hasil pengujian MANOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sehingga dapat dilanjutkan dengan analisis profil. Hasil analisis profil menunjukkan bahwa terdapat pola yang berbeda pada beberapa indikator. Pada hasil uji kesejajaran profil, semua statistik uji menunjukkan nilai signifikansi yang kurang dari sehingga hasilnya tidak sejajar dan uji keberimpitan serta kesamaan level profil tidak perlu dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pengguna internet terhadap kepuasan dan loyalitas adalah berbeda. Secara keseluruhan, kepuasan dan loyalitas tertinggi ditunjukkan oleh pengguna internet GSM prabayar dari operator Telkomsel.

English Abstract

Consumers choose the internet from existing cellular operators by considering several factors. Thus, companies are required to be able to monitor customer satisfaction and loyalty in order to compete with other operators. The purpose of this study is to describe and determine the group of internet users from prepaid GSM operators in Sumberpucung District, Malang Regency who have the highest profile based on user satisfaction and loyalty. The data used in this study are primary data with a sample of 30 respondents from each of Telkomsel, Indosat, Tri and XL internet users. The MANOVA test used in testing the difference in middle values between operator internet users is done first, provided the assumption is fulfilled. The MANOVA test results show that there are significant differences so that it can be continued with profile analysis. The results of the profile analysis show that there are different patterns on several indicators. In the results of the profile alignment test, all test statistics show a significance value that is less than α = 0,05 so that the results are not parallel and the test of confusion and similarity in profile level is not necessary. The results showed that the perceptions of internet users on satisfaction and loyalty were different. Overall, the highest satisfaction and loyalty was shown by prepaid GSM internet users from Telkomsel operators.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2019/322/051910993
Uncontrolled Keywords: Kepuasan dan Loyalitas, Pengguna Internet, MANOVA, Analisis Profil, Satisfaction and Loyalty, Internet Users, MANOVA, Profile Analysis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 515 Analysis > 515.1 Analysis and calculus combined with other branches of mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Jul 2020 12:39
Last Modified: 31 Jul 2020 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179467
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item