Perancangan Jaringan Voip Berbasis Sip Pada Wireless Mesh Network (WMN) Menggunakan Routing Protocol OLSR

Musthofa, Muhammad Afian (2019) Perancangan Jaringan Voip Berbasis Sip Pada Wireless Mesh Network (WMN) Menggunakan Routing Protocol OLSR. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Voice over Internet Protocol (VoIP) merupakan teknologi yang memungkinkan komunikasi atau percakapan jarak jauh melalui media jaringan komputer. Dengan menggunakan teknologi VoIP, seorang pengguna dapat berkomunikasi secara langsung dengan pengguna lainnya dengan memanfaatkan jaringan komputer yang ada. Namun kualitas kinerja dari teknologi VoIP sangat dipengaruhi oleh jaringan komputer yang digunakannya sebagai media penghantar untuk melakukan komunikasi dan percakapan jarak jauh terutama dalam hal mobilitas dan fleksibilitas di medan berat. Karena itu untuk dapat menghasilkan kualitas kinerja VoIP yang terbaik, dibutuhkan teknologi jaringan komputer yang juga dapat mendukung kinerjanya secara maksimal. Salah satu teknologi jaringan komputer yang menjadi andalan saat ini dan dapat digunakan oleh VoIP adalah Wireless Mesh Network (WMN) yang memiliki berbagai kelebihan dibanding jaringan komputer konvensional. Pada penelitian ini, dilakukan perancangan WMN yang terdiri dari 5 Node Laptop utama dan beberapa Node User tambahan yang nantinya digunakan sebagai dasar dari pembangunan jaringan VoIP. Jaringan VoIP yang dibangun diatas WMN nantinya akan didukung oleh Server Session Initiation Protocol (SIP) yang dibangun pada salah satu Node dengan platform Linux. Untuk mengetahui kualitas kinerja dari jaringan VoIP tersebut, diperlukan pengujian dan analisis dalam menentukan Quality of Service (QoS) dengan parameter Delay, Packet Loss, dan Jitter. Dari hasil penelitian secara umum dengan pertimbangan hasil parameter – parameter yang diujikan, yaitu Delay, Packet Loss, dan Jitter menunjukkan hasil yang dapat dikategorikan ‘memuaskan’ dan layak untuk diimplementasikan.

English Abstract

Voice over Internet Protocol (VoIP) is a technology which allow a long distance communication and conversation through a computer network. By using VoIP technology, a user could communicate directly to another user by utilizing an available computer network. However the quality of VoIP technology performance is very dependent on the computer network used as a media to fasilitate long distance communication and conversation especially in a place which has a tough terrain. Therefore to achive the best performance of VoIP, it requires a computer network technology to support its maximum performance. One of the computer network technology which becomes a mainstay and could be use for VoIP is a Wireless Mesh Network (WMN) which has various advantages over conventional computer network. On this research, a WMN is composed of 5 laptops as main Nodes and some others are additional to build the VoIP Network. A VoIP network built above WMN would be supported by Session Initiation Protocol (SIP) Server which is also be built on one of the Node with Linux platform. To discover the quality and performance of the VoIP network, a test sequence is required as well as the analysis to determine the Quality of Service (QoS) by using Delay, Packet Loss, and Jitter as parameter. The result of this research, which consider the outcome of the Delay, Packet Loss, and Jitter paramater shows a result which can be categorized as ‘satisfying’ and suitable for implementation.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/705/052001189
Uncontrolled Keywords: WMN, VoIP, OLSR, QoS
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 003 Systems > 003.3 Computer modeling and simulation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:11
Last Modified: 10 Aug 2020 08:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179446
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item