Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Kesiswaan Kursus Pemrograman (Studi Kasus: Clevio Coder Camp)

Aldana, Aries Satryadhi (2019) Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Kesiswaan Kursus Pemrograman (Studi Kasus: Clevio Coder Camp). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dari peneliti dengan pemilik Clevio Coder Camp, salah satu kendala yang dihadapi Clevio Coder Camp adalah komunikasi dari pihak Clevio Coder Camp dengan orang tua siswa, terutama siswa yang berasal dari kelas kerjasama, karena pada beberapa sekolah yang berkerja sama dengan Clevio Coder Camp tidak memberikan akses langsung antara orang tua dan pihak Cevio Coder Camp. Karena itu, Clevio Coder Camp butuh suatu gambaran sistem untuk menangani permasalahan manajemen siswa maupun komunikasi terhadap orang tua siswa sehingga dapat terjalin komunikasi yang baik untuk memastikan siswa belajar secara sangkil dan mendapatkan yang terbaik bagi perkembangan karakter dan pribadi mereka. Dalam penelitian ini, akan dibahas bagaimana gambaran merancang suatu sistem yang cocok untuk Clevio Coder Camp. Perancangan ini menggunakan metode OOAD (Object Oriented Analysis and Design) dan arsitektur MVC (Model View Controller). Perancangan yang dilakukan adalah perancangan arsitektur, komponen, basis data, dan antarmuka. Perancangan aplikasi ini telah diuji menggunakan Traceability Matrix, (Coupling Between Object Classes) CBO, (Response for a Class) RFC, (Lack of cohesion in methods1) LCOM1 metrics, dan (Lack of cohesion in methods2) LCOM2 metrics. Hasil perancangan aplikasi ini memiliki kopling rendah karena rata-rata nilai CBO<=5 dan RFC<=100 sehingga understandability tinggi dan kohesi yang sedang karena memiliki dari 19 kelas yang diuji memiliki 8 LCOM1 = 1 dan 6 LCOM1>1. Hasil perancangan juga memiliki Adaptability tinggi karena rata-rata nilai CBO diantara 1 hingga 3, rata-rata nilai RFC diantara 1 hingga 69, dan memenuhi nilai LCOM2 0 hingga 1. Selain itu, semua artefak dibuat berdasarkan use case yang telah dibuat sebelumnya, karena setiap kolom dan baris pada traceability matrix memiliki nilai 1.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/749/052001217
Uncontrolled Keywords: kelas, coach, parent, student, clevio, skor, absensi, KBM, OOAD
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Jul 2020 23:54
Last Modified: 18 Jan 2022 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179409
[thumbnail of Aries Satryadhi Aldana (2).pdf]
Preview
Text
Aries Satryadhi Aldana (2).pdf

Download (18MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item