Pengembangan Sistem Survei Pelanggan Berbasis Website (Studi Kasus: Departemen Pemasaran Urea PT. Pupuk Kalimantan Timur)

Azhari, Akhmad Rizqi (2019) Pengembangan Sistem Survei Pelanggan Berbasis Website (Studi Kasus: Departemen Pemasaran Urea PT. Pupuk Kalimantan Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) merupakan anak perusahaan PT. Pupuk Indonesia (Persero) yang memproduksi urea, amoniak, dan NPK. Departemen pemasaran urea melaksanakan kegiatan pemasaran dan administrasi penjualan produk urea non subsidi beserta kegiatan layanan pelanggan melalui survei pelanggan untuk mengukur kepuasan, ketidakpuasan dan loyalitas pelanggan terhadap produk. Kendala yang dialami adalah pengiriman kuesioner dan pengumpulan kembali kuesioner yang memerlukan waktu yang cukup lama dan tenaga yang tidak sedikit. Maka dari itu, diperlukan suatu sistem website yang memuat laporan hasil survei dan hasil indeks yang dicari. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah dengan menggunakan model Waterfall. Sistem kemudian diimplementasikan ke dalam framework Codeigniter. Sistem tersebut diuji melalui pengujian unit dan validasi, sehingga kedua pengujian tersebut menghasilkan valid secara keseluruhan. Kemudian melalui pengujian compatibility, maka sistem dapat diimplementasikan dalam beberapa browser dan perangkat mobile dan terdapat beberapa permasalahan pada website.

English Abstract

PT. Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) is the subsidiary of PT. Pupuk Indonesia (Persero) that produces urea, ammonia, and NPK. Urea marketing department executes marketing activity and selling administation activity along with customer service activity with customer survey to quantify customer satisfaction, customer dissatisfaction, and customer loyalty for product. The obstacles that happened is taking that long time and need extra personal to send and receive some questionnaire at the both sides. That’s why the website that gives many information and gets some index results is needed. The methodology that used for system development is using waterfall model. Then it implements with Codeigniter framework. It tested by unit testing and validation testing, so that both of that testing result overall valid. Then it tested by compatibility testing, system can implemented for some browser devices and mobile devices and get some problems for website.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/726/052001178
Uncontrolled Keywords: survei, kuesioner, model waterfall, Codeigniter
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:04
Last Modified: 05 Aug 2020 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179274
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item