Komunikasi Instruksional 4.0 Pada Kelas Public Speaking Muslimah Institute

Evelina, Padantya Amanda (2019) Komunikasi Instruksional 4.0 Pada Kelas Public Speaking Muslimah Institute. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi komunikasi instruksional mulai disahkan sejak tahun 1972 melalui dibentuknya divisi Instructional and Development Communication dalam International Communication Association (ICA). Sejak pembentukan divisi tersebut, banyak penelitian muncul terkait dengan komunikasi instruksional. Studi komunikasi istruksional terus berkembang sejak awal disahkan hingga sampai era revolusi industri 4.0. Pada revolusi industri 4.0, cara kerja manusia yang pada awalnya manual menjadi digitalisasi. Digitalisasi juga terjadi pada dunia pendidikan, salah satunya adalah dengan munculnya sekolah atau kelas online. Dalam kelas online, komunikasi antara instruktur dan siswa tidak terjadi secara langsung melainkan melalui media internet. Kelas public speaking di Muslimah Institute menjadi salah satu contoh dari adanya digitalisasi. Segala macam kegiatan di kelas mulai dari penyampaian materi, tanya jawab, hingga praktik dilakukan melalui media online khususnya social messenger whatsapp sebagai ruang kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretatif dan metode deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini terdapat lima informan yakni satu instruktur dan empat siswa dari kelas public speaking Muslimah Institute. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi instruksional 4.0. Fokus penelitian ini terletak pada pola komunkasi instruksional 4.0 dan pengaruhnya terhadap konstruksi hubungan instruktur dengan siswa, serta mengetahui karakteristik komunikasi instruksional 4.0 melalui pola yang terjadi di kelas public speaking Muslimah Institute. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pola komunikasi instruksional 4.0 yang terjadi adalah pola komunikasi satu arah yakni instruktur lebih dominan dibandingkan siswa. Karena itu, pola komunikasi instruksional pada kelas online tidak berbeda jauh dengan kelas konvensional yakni instruktur lebih mendominasi. Namun, unsur kedektan antara instruktur dan siswa memiliki perbedaan pada kelas online dan konvensional, karena pengaruh media.

English Abstract

Instructional communication studies have been established since 1972 through the establishment of Instructional and Development Communication division in the International Communication Association (ICA). Since division was formed, multiple of studies has come up relate to instructional communication. The study of instructional communication continues to evolve since it was affirmed until the era of 4.0 Industrial Revolution. In the 4.0 Industrial Revolution, the human way of working was changed of manual to digitlization. Digitization also happens to the world of education, one of example is the era of online classes. At online classes, the communication between the instructors and the students does not happen by face to face but through of internet media. The public speaking class at Muslimah Institute is an example of digitalization. All sorts of activities in class ranging from the delivery of materials, questions and answers, especially by the practice is done as the online media especially social messenger WhatsApp as a classroom. This research is a qualitative study with interpretive approaches and qualitative descriptive methods. In this study there were five informant, one instructor and four students from the public speaking class of Muslimah Institute. The pattern of instructional communication 4.0 pattern. The focus of this research lies in the instructional communication 4.0 pattern and its influence on the construction of instructor relationships with students, as well as knowing the characteristics of the instructional communication 4.0 through patterns that occur to public speaking classes Muslimah Institute. This study found that the instructional communication 4.0 pattern which occurred was a one-way communication pattern that instructors were more dominant than students. Therefore, the instructional communication patterns in online classes is not significanly different to convensional classes. Nonetheless, the level of relationship between the instructors and students of conventional and online classes are different due to the influence of media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1002/052000537
Uncontrolled Keywords: Komunikasi instruksional 4.0, kelas online, pola komunikasi instruksional.-instructional communication 4.0, online classes, instructional communication pattern.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:59
Last Modified: 19 Oct 2020 03:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179253
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item