Strategi Nation Branding Thailand Dalam Membentuk Citra Muslim Friendly Destination Melalui Thailand Halal Diamond Tahun 2014

Lestari, Meilia Masfita (2019) Strategi Nation Branding Thailand Dalam Membentuk Citra Muslim Friendly Destination Melalui Thailand Halal Diamond Tahun 2014. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Thailand merupakan negara yang memiliki potensi terhadap sektor pariwisatanya. Berbagai penghargaan di bidang pariwisata telah berhasil di dapatkan oleh Thailand. Namun, Thailand sempat mengalami ketidakstabilan politik selama bertahun-tahun, yaitu sempat mengalami beberapa kali kudeta, selain itu terjadinya konflik agama dan etnis turut memperburuk citra Thailand di mata internasinal. Hal tersebut berdampak pada sektor pariwisata, sejumlah negara di dunia mengeluarkan peringatan perjalanan atau travel warning kepada wisatawan yang akan berperpergian ke Thailand. Hal tersebut menyebabkan penurunan jumlah wisatawan. Oleh karena itu, untuk memperbaiki citranya pemerintah Thailand mengembangkan sektor pariwisata melalui tren pariwisata muslim friendly dengan strategi nation branding. Dalam menganalisa pelaksanaan strategi nation branding yang dilakukan oleh pemerintah Thailand, penulis menggunakan konsep nation branding strategy yang ditulis oleh Keith Dinnie. Hasil analisis menunjukkan bahwa branding dalam pariwisata halal ini digunakan agar bertujuan untuk mempromosikan Thailand sebagai destinasi muslim friendly serta untuk memperbaiki citra Thailand di mata internasional. Selain itu, pemerintah Thailand juga ingin menciptakan destinasi wisata yang berkualitas dan bertujuan baik serta mencegah konflik etnis dan agama. Selama 5 tahun pelaksanaan yaitu 2014 hingga 2019, kampanye Thailand muslim friendly berhasil memperkuat citra Thailand sebagai destinasi yang ramah muslim. Hal tersebut diikuti dengan peningkatan jumlah wisatawan di Thailand sehingga membawa damapk yang positif bagi perekonomian negara.

English Abstract

Thailand is a country that has the potential for the tourism sector. Various awards in the field of tourism have been successfully obtained by Thailand. However, Thailand had experienced political instability for years, including several coups, in addition to the occurrence of religious and ethnic conflicts which also worsened the international image of Thailand. This has an impact on the tourism sector, many countries in the world issue travel warnings to tourists who will travel to Thailand. This causes a decrease in the number of tourists. Therefore, to improve its image the Thai government develops the tourism sector through Muslim friendly tourism trends with a nation branding strategy. In analyzing the implementation of the nation branding strategy carried out by the Thai government, the author uses the concept of nation branding strategy written by Keith Dinnie. The analysis shows that branding in halal tourism is used to promote Thailand as a Muslim friendly destination and to improve Thailand's image in the international eye. Also, the Thai government wants to create quality and wellintentioned tourist destinations and prevent ethnic and religious conflicts. During the 5 years of implementation from 2014 to 2019, the Muslim-friendly Thailand campaign succeeded in strengthening the image of Thailand as a Muslim-friendly destination. This was followed by an increase in the number of tourists in Thailand that brought a positive impact on the country's economy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1007/052000542
Uncontrolled Keywords: Thailand, Muslim Friendly, nation branding, citra Thailand, destinasi pariwisata.-Thailand, Muslim Friendly, nation branding, Thailand‟s image, tourism destination
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.4 Spesific aspects of culture > 306.48 Recreation and performing arts > 306.481 General topics of recreation > 306.481 9 Travel and tourism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:02
Last Modified: 10 Aug 2020 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179251
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item