Penggunaan Flag Untuk Mengurangi Permasalahan Input Yang Tidak Disengaja Pada Controller Yang Menggunakan Kinect

Hanada, Viqi (2019) Penggunaan Flag Untuk Mengurangi Permasalahan Input Yang Tidak Disengaja Pada Controller Yang Menggunakan Kinect. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan Kinect sebagai alat untuk melakukan input kedalam komputer dengan membaca postur dan pergerakan tubuh dari pengguna meningkat dalam beberapa tahun ini. Penggunaan input dari Kinect ini banyak juga digunakan sebagai input controller untuk Role Playing Game. Penggunaan Kinect Gesture Recognition sebagai sebuah tambahan controller pada sebuah game yang berjudul Steel Battalion: Heavy Armor telah mendapat berbagai macam response negative yang dapat terlihat seperti input yang tidak disengaja ketika pengguna sedang tidak ingin melakukan apapun. Dibutuhan untuk membatasi input yang dilakukan oleh pengguna, untuk membatasi input yang tidak dimaksudkan pada saat pengguna sedang dalam posisi relaks atau diam, dan pada saat pengguna baru saja selesai melakukan sebuah input. Diperlukan pembatasan pembacaan input yang dilakukan oleh Kinect dengan membuat variabel flag untuk memisahkan fase dari sistem controller menjadi tiga tahap yaitu fase standby, fase input dan fase reset. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa pemisahan fase tersebut dapat menghilangkan input yang tidak dimaksudkan pada saat pengguna sedang berada dalam posisi relaks atau diam, dan pada saat pengguna baru saja selesai melakukan sebuah input.

English Abstract

The usage of Kinect to do an input into a computer by reading the movement and gesture of the user have been rising by these years. Kinect have been used alot as an input controller for a Role Playing Game. The usage of Kinect Gesture Recognition as an extended controller on a game named Steel Battalion: Heavy Armor had been getting many negative responses, that there are some input that unintended by the user happen when the user is doing nothing. There are needs to limit the input on kinect gesture reading by using flag variabel to divide input phase into 3, standby phase, input phase and reset phase. With the result of the test, can be seen that those phase dividing did remove the problem of unintended input that happened when user is doing nothing and when user had just done doing an input.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/708/052001191
Uncontrolled Keywords: Kinect Gesture Recognition, Role Playing Game, Controller, Flag
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.4 Computer pattern recognition
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Oct 2020 02:44
Last Modified: 02 Oct 2020 02:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179242
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item