Analisis Kepentingan Nasional Italia Bergabung Dalam Mega Proyek One Belt One Road Tiongkok Tahun 2019

Husna, Ghifari Salman (2019) Analisis Kepentingan Nasional Italia Bergabung Dalam Mega Proyek One Belt One Road Tiongkok Tahun 2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tahun 2019, pemerintahan Italia bergabung dalam mega proyek One Belt One Road Tiongkok. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apa kepentingan Italia bergabung dalam mega proyek One Belt One Road Tiongkok pada tahun 2019. Italia sendiri merupakan negara G7 pertama yang tergabung dalam inisiatif ini. Negara anggota G7 menolak inisatif One Belt One Road Tiongkok dan hanya Italia yang bergabung. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan datadata sekunder. Data- data tersebut diperoleh dari laporan tahunan, artikel berita, jurnal, situs web resmi, dan data perkembangan dari instansi-instansi terkait. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif untuk melihat kepentingan Italia bergabung dalam One Belt One Road pada rentang waktu yang ditentukan. Untuk melihat kepentingannya, digunakan konsep kepentingan nasional milik K.J Holsti pada tahun 1987. Berdasarkan analisa dan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Italia memiliki kepentingan nasional dalam bergabung degan One Belt One Road Tiongkok sesuai dengan konsep kepentingan nasional milik K.J Holsti. Tetapi, tidak semua variabel dapat digunakan untuk melihat kepentingan nasional Italia dalam bergabung dengan One Belt One Road. Jika melihat dari jangka waktunya, Italia hanya memiliki kepentingan jangka menengah saja.

English Abstract

In 2019, Italian government dicided to join Belt and Road initiative. This research was conducted to analyze what Italy’s interest by joining Belt and Road initaitve in 2019. Italy itself is the first G7 member country to join this initiative. The members of G7 rejected the China’s Belt and Road inititative and only Italy who join the initiative. This study uses a literature study method with secondary data. These data are obtained from annual reports, news articles, journals, official websites, and development data from related institutions. The data were analyzed using descriptive methods to see Italy’s interest by joining Belt and Road initiatives in the specific timeframe. The National Interest concept by K.J Holsti in 1987 is used to see it. Based on the analysis and research, it was concluded that Italy had a national interest by joining Belt and Road Initiatives in accordance with the concept of national interest by K.J Holsti. However, not all variables can be used to see Italy’s national interest by joining Belt and Road Initiatives. If you look at the time period, Italy only has medium range interest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1001/052000535
Uncontrolled Keywords: Italia, Kepentingan Nasional, OBOR-Italy, National Interests, Belt and Road Initiatives
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations > 327.1 Foreign policy and specific topics in international relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:13
Last Modified: 09 Nov 2020 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179184
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item