Rasionalitas Anggota Kelompok Hijau dalam Menggunakan Kosmetik Produk X

Dewi, Maulidya Puspita (2019) Rasionalitas Anggota Kelompok Hijau dalam Menggunakan Kosmetik Produk X. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini perempuan identik dengan sesuatu yang berhubungan dengan kosmetik, bahkan dapat menimbulkan hal positif karena hal tersebut. Salah satunya adalah dengan terbentuknya kelompok Hijau di Kota Malang untuk lebih mengembangkan kemampuan anggotanya. Mereka juga diberikan pengetahuan mengenai kosmetik dan cara penggunaannya. Sebagai kelompok yang berada dibawah naungan dari perusahaan kosmetik produk X sebagian besar anggota Kelompok Hijau menggunakan kosmetik tersebut untuk keperluan make up setiap hari. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pilihan rasional James Coleman dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah anggota Kelompok Hijau yang cocok dan tidak cocok menggunakan kosmetik produl X. Teknik pengambilan informan dengan cara purposive. Dalam hal ini peneliti menggunakan pengambilan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah anggota Kelompok Hijau yang menggunakan kosmetik produk X tidak semuanya cocok menggunakan produk tersebut. Pada setiap event yang mereka lakukan sering kali mendapatkan souvenir produk X membuat anggota Kelompok Hijau yang cocok menggunakan produk tersebut merasa diuntungkan dari segi ekonominya karena dapat lebih menghemat pengeluaran. Anggota Kelompok Hijau juga merasa mendapatkan banyak keuntungan lainnya ketika bergabung dengan Kelompok Hijau, seperti pengetahuan dan pengalaman yang bertambah.

English Abstract

At this time women are identical with something that is associated with cosmetic. One of them is with the formation of Kelompok Hijau in the Malang city to better develop the abilities of its members. They are also given knowledge about cosmetics and how to use it. As a group inder the auspices of the cosmetics company product X, most of the members of the Kelompok Hijau use such cosmetics. The theory used in this study is rational choise James Coleman with a descriptive qualitative research methods. Informanst in this study were members of Kelompok Hijau and the person in charge of a Kelompok Hijau in the Malang City. Retrieval techniques informants by purposive. In this case the researcher using the data retrieval in the form of interview, observation, and documentation. The results of this study is the use of cosmetics halal label on the Kelompok Hijau that promotes religious ideology and economic conditions. Each member has a different ideology, in the use of cosmetics halal label. The economic conditions of each member is also different, so the amount of use of cosmetic every members different. They also feel to get the many benefits of jointing the Kelompok Hijau, such as knowledge and experience increases.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1214/052002604
Uncontrolled Keywords: kosmetik produk X, Kelompok Hijau, pilihan rasional-cosmetics product X, Kelompok Hijau, rational choice
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.1 General topics of social interaction > 302.13 Social choice
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 26 Oct 2020 06:36
Last Modified: 26 Oct 2020 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179070
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item