Public Relations Encroachment Pt.Kereta Api Indonesia Dalam Melakukan Pelayanan” (Studi Kasus Costumer Service Mobile Stasiun Malang).

Yulianto, Agung (2019) Public Relations Encroachment Pt.Kereta Api Indonesia Dalam Melakukan Pelayanan” (Studi Kasus Costumer Service Mobile Stasiun Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan yang besar pasti memiliki divisi Public Relations. Sayangnya pada konsep pekerjaan profesional latar belakang pendidikan yang menunjang masih sering diabaikan. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu penyebab adanya pengambilalihan atau encroachment. Fenomena encorachment masih kerap terjadi dalam dunia profesional. Pada kasus ini terjadi di perusahaan BUMN yaitu PT.Kereta Api Indonesia. PT Kereta Api Indonesia yang sudah menerapkan pelayanan prima ternyata masih ada beberapa pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Salah satunya adalah encroachment pada Costumer Service Mobile. Costumer Service Mobile adalah salah satu kegiatan yang diadakan oleh PT.Kereta Api Indonesia yang ada pada waktu tertentu. Kegiatan tersebut hanya terjadi dua kali dalam setahun yaitu ketika Lebaran Idul Adha dan Natal Tahun baru. Dimasa itulah PT.Kereta Api Indonesia mengalami lonjakan penumpang sampai seratus persen lebih. Sehingga untuk menunjang pelayanan yang baik maka dibentuklah CSM. Costumer Service Mobile memiliki fungsi yang sama dengan Costumer Service stasiun hanya bedanya mereka diharuskan untuk langsung mengunjung penumpang agar. Sayangnya banyak anggota Costumer Service Mobile yang memiliki latar belakang non komunikasi. Padahal Costumer Service Mobile ini adalah bagian dari ilmu komunikasi karena mereka dituntut untuk memberikan informasi serta pelayanan yang prima. Hasil penelitian ini mendapatksn bahwa salah satu faktor terjadinya encoachment ini adalah kurangnya syarat dalam penerimaan costumer service mobile. Selain itu orang-orang yang tidak memiliki latar belakang ilmu komunikasi juga merasa kesulitan dalam melakukan aktifitas pelayanan dengan berbagai faktor didalamnya. Akan tetapi, mereka berpendapat bahwa tidak masalah jika pekerjaan tersebut bukan dari ilmu komunikasi.

English Abstract

Every large company must have a Public Relations division. Unfortunately, the concept of professional work supporting educational background is still often ignored. This is one of the causes of the transition or encroachment. Investigation of the phenomenon is still happening in the professional world. In this case it happened in a state-owned company, PT.Kereta Api Indonesia. PT Kereta Api Indonesia, which has approved excellent service, turns out that there are still a number of jobs that are not in accordance with their educational background. One of them is encroachment on Costumer Service Mobile. Costumer service mobile is one of the activities held by PT.Kereta Api Indonesia at certain times. The activity only happens twice a year, which is when Eid al-Adha and New Year Christmas. At that time, PT. Kereta Api Indonesia experienced a surge in passengers up to one hundred percent. So as to support good service, CSM was formed. Costumer service mobile has the same function as a Customer Service on Station, the only difference being that they are required to directly visit passengers in order. Unfortunately many members of the Mobile Customer Service have non-communication backgrounds. Whereas this Mobile Customer Service is part of communication science because they are required to provide excellent information and services. The results of this study indicate that one of the factors in the occurrence of this encoachment is the lack of conditions in receiving mobile customer service. In addition, people who do not have a background in communication science also find it difficult to do service activities with various factors in it. However, they argue that it doesn't matter if the job is not from communication science.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1054/052000589
Uncontrolled Keywords: Public Relations, fenomena encroachment, costumer service mobile, public service communication-Public relations, encorachment phenomena, costumer service mobile, public service communication
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.2 Public relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 17 Oct 2020 11:22
Last Modified: 17 Oct 2020 11:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178999
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item