Rahmanita, Afifah Dian (2019) Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Deskriptif Kualitatif Di Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komunikasi yang tidak sehat antara atasan dan bawahan pada sebuah organisasi dapat menimbulkan ketidakpercayaan, kurangnya kedisiplinan, bahkan dapat menyebabkan rendahnya kinerja karyawan. Fokus penelitian ini adalah: bagaimana strategi komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan di Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo?” Strategi komunikasi organisasi dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu: (a). strategi komunikasi vertikal, (b). strategi komunikasi horisontal, dan (c). strategi komunikasi diagonal. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga pendekatan, yaitu (1) wawancara mendalam (2) pengamatan peranserta, (3) dokumentasi. Analisis data berlangsung secara simultan yang dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data, dengan alur tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis data disimpulkan: (1) komunikasi vertikal ke bawah berjalan dengan sangat intensif, atasan menginstruksikan tugas secara langsung kepada yang bersangkutan, dan menyampaikan informasi kepada bawahannya dengan jelas dan mudah dipahami. Sementara untuk komunikasi vertikal ke atas bawahan mengkomunikasikan masalah pekerjaan yang belum dipecahkan dengan atasan. Tetapi Bawahan sering mengalami kesulitan dalam penyampaian masukan kepada atasan karena mereka ragu-ragu dan kurang percaya diri. (2) Komunikasi antar semua organ universitas secara horizontal di semua tingkatan yang kedudukannya sama, berjalan dengan sangat baik. (3) Komunikasi diagonal antar karyawan yang berbeda kedudukannya berjalan dengan baik dan jarang sekali terjadi konflik. Komunikasi diagonal dilakukan untuk berkoordinasi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas. Tetapi pada tingkatan staf tidak terlalu sering bahkan jarang berkomunikasi dengan karyawan yang berbeda tingkat kedudukannya.
English Abstract
Unhealthy communication between superiors and subordinates in an organization can lead to distrust, lack of discipline, and can even lead to low employee performance. The focus of this research is: how is the organizational communication strategy in improving employee performance at the Nahdlatul Ulama University in Sidoarjo? "The organizational communication strategy in this study is divided into 3 (three), namely: (a). vertical communication strategy, (b). horizontal communication strategy, and (c). diagonal communication strategy. This type of research is descriptive qualitative. Data collection techniques were carried out using three approaches, namely (1) indepth interviews, (2) participant observation, (3) documentation. Data analysis takes place simultaneously carried out simultaneously with the process of data collection, with a flow of stages: data collection, data reduction, data presentation, and conclusions or verification. From the results of the data analysis it can be concluded: (1) vertical downward communication runs very intensively, the supervisor instructs the task directly to the person concerned, and conveys information to his subordinates clearly and easily understood. As for vertical communication, subordinates communicate work problems that have not been solved by superiors. But Subordinates often have difficulty in submitting input to superiors because they are hesitant and lack of confidence. (2) Communication between all university organs horizontally at all levels of the same position is going very well. (3) Diagonal communication between employees of different positions runs well and conflicts rarely occur. Diagonal communication is carried out to coordinate in order to facilitate the implementation of tasks. But at the level of staff not too often even rarely communicate with employees of different levels of position.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/1028/052000563 |
Uncontrolled Keywords: | komunikasi vertikal, komunikasi horisontal, komunikasi diagonal.-vertical communication, horizontal communication, diagonal communication. |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Agus Wicaksono |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 02:21 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 02:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |