Saghfira, Anggit (2019) Evaluasi Kinerja Organisasi Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Di Kpp Pratama Depok Cimanggis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian pada organisasi sektor publik khususnya Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Depok Cimanggis bertujuan untuk mengetahui kinerja KPP Pratama Depok Cimanggis secara keseluruhan dengan pendekatan Balanced Scorecard berdasarkan perspektif Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pertumbuhan dan Pembelajaran. Keempat perspektif saling berkaitan dalam membangun profil kinerja suatu organisasi yang hasilnya ditunjukkan melalui sebuah kartu nilai (scorecard) sebagai hasil akhir pengukuran kinerja organisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui studi kasus Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja di KPP Pratama Depok Cimanggis berdasarkan masing-masing perspektif yang telah diukur mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3.71 dengan kriteria kinerja Baik, namun berdasarkan bobot total skor yaitu 74 dimana hasil ini tidak memenuhi ekspektasi. Nilai tertinggi dari 4 persepktif tersebut adalah perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yaitu 4.33 dengan kriteria Sangat Baik, nilai terendah terdapat pada perspektif pelanggan yaitu 2.8 dengan kriteria Kurang Baik, Perspektif Proses Bisnis Internal nilai yaitu 4.04 dengan kriteria Sangat Baik dan dari perspektif keuangan yaitu 3.65 dengan kriteria Baik. Diperlukan langkah-langkah strategis sebagai umpan balik dalam perencanaan mendatang yaitu meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengutamakan keramahan, efisiensi dan efektifitas sehingga mampu mempertahankan WP lama dan menciptakan datangnya WP baru, penyuluhan dan edukasi secara rutin baik melalui media sosial atau datang ke masyarakat secara langsung sehingga memperluas area promosi dan agenda visiting sehingga dapat melakukan kegiatan sales and marketing dengan strategi promosi yang lebih efektif, yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendaftarkan diri sebagai WP. Menyederhanakan proses bisnis baik secara online maupun offline. Memperbanyak diklat dan pengembangan diri pegawai demi terciptanya SDM yang berkualitas serta menciptakan kontrol terhadap para pegawai secara tegas.
English Abstract
The research on public sector organization, especially at KPP Pratama Depok Cimanggis aims to find out the overall performance of the organization by using Balanced Scorecard approach based on Financial Perspective, Customer Perspective, Internal-Business Process Perspective, Learning and Growth Perspective. These four perspectives interrelated in estabilishing an organization performance profile in which the result is shown through a Scorecard as the final result of organizational performance measurement. The type of this research is qualitative research based on case studies. The result of this study indicate that the performance at KPP Pratama Depok Cimanggis based on each of the perspectives that have been measured, get an average value of 3.71 with Good Performance criteria, but in term of total score of 74, these result do not meet expectations. The highest score of the 4 perspectives is Learning and Growth Perspective which is 4.33 with a Very Good criteria, the lowest score is Customer Perspective which is 2.8 with a Poor criteria, Internal-Business Process Perspective score is 4.04 with a Very Good criteria, and Financial perspective score is 3.65 with a Good criteria. Strategic steps are needed for future planning to improve the quality of service by prioritizing friendliness, efficiency and effectiveness so that they can get more taxpayers without losing the current taxpayers, counselling education and education can also be the effective way by either utilizing social media or direct approachto the community so that it can expand the area of promotion and visiting agenda which in turn can make the implementation of promotional strategies more effective for sales and marketing activities, which can increase public awareness of the importance of registering as a WP. Simplify both the online and offline business process. Increasing employee training and development for the sake of creating quality human resources and creating firm control over employees.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FEB/2019/723/052001953 |
Uncontrolled Keywords: | Balanced Scorecard, Implementasi, Pengukuran Kinerja, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Depok Cimanggis |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 08 Nov 2020 15:54 |
Last Modified: | 08 Nov 2020 15:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178944 |
Actions (login required)
View Item |