Implementasi Peraturan Daerah No. 8 Tahun 2015 Tentang Izin Lingkungan Terhadap Umkm (Studi Kasus Peran Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Dalam Pengawasan Upaya Pengelolaan Dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup)

Soesilo, Agathis Lourant Aldi (2019) Implementasi Peraturan Daerah No. 8 Tahun 2015 Tentang Izin Lingkungan Terhadap Umkm (Studi Kasus Peran Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Dalam Pengawasan Upaya Pengelolaan Dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di Kota Malang mengalami peningkatan secara signifikan dari tahun ke tahun. Dengan peningkatan kuantitas kegiatan usaha mikro, kecil, dan menengah berdampak kepada kebutuhan akan lahan untuk melakukan pembangunan lokasi kegiatan. Pembangunan untuk memenuhi aspek ekonomi menyebabkan berbagai permasalahan dan fenomena lingkungan karena mengesampingkan aspek lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, dan menganalisis upaya yang dilakukan DLH dan kendala apa yang dihadapi oleh DLH dalam mengimplementasikan Perda No.8 Tahun 2015 dengan menggunakan teori implementasi kebijakan George C.Edward III. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa DLH sudah berupaya agar penerapan kajian UKL-UPL dan SPPL oleh pemilik usaha dapat berjalan maksimal, diantaranya adalah melakukan komunikasi baik kepada instansi lain maupun kepada masyarakat, meningkatkan dan mengoptimalkan sumberdaya yang tersedia. Di samping itu, DLH masih mengalami beberapa kendala atau permasalahan seperti belum meratanya komunikasi yang dilakukan oleh DLH, kurangnya koordinasi dengan instansi yang terkait, serta masih kurangnya pengetahuan masyarakat tentang izin lingkungan di Kota Malang.

English Abstract

The development of micro, small and medium enterprises in Malang City has increased significantly from year to year. With the increase in the quantity of micro, small and medium business activities, the impact on the need for land to develop the location of activities. Development to meet economic aspects causes various problems and environmental phenomena because it overrides aspects of the surrounding environment. This study aims to describe, and analyze the efforts made by DLH and the constraints faced by DLH in implementing Perda No.8 2015 using George C. Edward III policy implementation theory. The method in this research is descriptive qualitative. The results of this study indicate that DLH has tried to make the application of UKL-UPL and SPPL studies by business owners run optimally, including communicating both with other agencies and the community, increasing and optimizing available resources. In addition, DLH still experiences several obstacles or problems such as the unequal communication made by DLH, lack of coordination with relevant agencies, as well as lack of community knowledge about environmental permits in Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1062/052000597
Uncontrolled Keywords: usaha mikro kecil dan menengah, izin lingkungan dan Implementasi Kebijakan- small and medium micro businesses, environmental permits and Policy Implementation
Subjects: 300 Social sciences > 348 Laws, regulations, cases > 348.598 Laws, regulations, cases (Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 06 Oct 2020 01:13
Last Modified: 06 Oct 2020 01:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178914
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item