Studi Eksperimental Perilaku Abutment Terhadap Pola Retak Dan Daktilitas Pada Jembatan Dalam Menahan Beban Tumbukan (Collision) Akibat Gempa

Andhareshi, Farly (2019) Studi Eksperimental Perilaku Abutment Terhadap Pola Retak Dan Daktilitas Pada Jembatan Dalam Menahan Beban Tumbukan (Collision) Akibat Gempa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Abutment merupakan bagian dari struktur bangunan bawah jembatan yang mempengaruhi struktur dari jembatan, dari segi kemampuan penyaluran beban vertikal dan horizontal dari struktur bangunan atas maupun kekuatan jembatan. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan perencanaan abutment yang baik karena kegagalan pada abutment akan mempengaruhi kegagalan pada semua sistem struktur di atasnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan abutment adalah kegagalan akibat gempa yang mengakibatkan terjadinya tumbukan struktur bangunan atas terhadap parapet wall abutment yang menyebabkan keruntuhan struktur pada abutment dan mempengaruhi struktur keseluruhan jembatan. Penelitian ini dibuat benda uji abutment tanpa wing wall sebanyak 3 benda uji, dengan perencanaan mutu beton K-225 (19,3 Mpa) dengan menggunakan tulangan baja polos ukuran Ø8 untuk tulangan utama dan ukuran Ø6 untuk tulangan sengkang. Dimensi benda uji abutment mempunyai ukuran parapet wall 600 x 700 x 540 mm. Benda uji abutment diuji dengan pembebanan secara horizontal dengan beban merata pada parapet wall dengan menggunakan hydraulic jack, load cell 10 ton, dan LVDT untuk memperoleh deformasi yang terjadi dan melihat pola retak pada benda uji abutment. Hasil pengujian yang dilakukan didapatkan perbandingan beban lateral maksimum yang mampu ditahan oleh benda uji abutment penilitian sekarang dengan penelitian sebelumnya yang memiliki perbedaan jarak tulangan 140 mm dan 88 mm, yaitu masingmasing 2350 kg dan 2273,3 kg. Sedangkan untuk nilai daktilitas struktur didapat dari perbandingan antara deformasi ultimit dengan deformasi leleh. Dari hasil pengolahan data didapatkan nilai daktilitas struktur dari benda uji abutment penelitan sekarang dan penelitian sebelumnya, yaitu masing-masing 2,6 dan 1,4. Pola retak yang terjadi pada ketiga benda uji abutment yang diuji tidak terjadi pada tempat yang diprediksi, melainkan pada tumpuan benda uji. Hasil peneltian ini menunjukkan benda uji abutment dengan jarak tulangan yang lebih rapat dapat memikul beban lateral yang lebih besar dibandingkan benda uji abutment dengan jarak tulangan yang lebih renggang

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/1057/052000740
Uncontrolled Keywords: Abutment, Beban Lateral, Daktilitas, Pola Retak, Jarak Tulangan,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering > 624.2 Bridges
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:38
Last Modified: 25 Oct 2021 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178853
[thumbnail of FARLY ANDHARESHI (2).pdf]
Preview
Text
FARLY ANDHARESHI (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item