Studi Kasus Konstruksi Keperempuanan di PKK Kota Malang

Syafira, Puti Nisazka (2019) Studi Kasus Konstruksi Keperempuanan di PKK Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ibuisme Negara adalah ideologi gender yang lahir dari hasil kegiatan dan penanaman wacana domestifikasi dan marginalisasi kepada perempuan di dalam PKK di masa Orde Baru. Pada penelitian ini peneliti tertarik untuk melihat apakah di dalam PKK ibuisme negara masih berlangsung, khususnya di PKK Kota Malang. Untuk penelitian ini metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah pattern matching dimana peneliti membandingkan pola yang sudah diprediksi dengan pola empiris. Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana di dalam PKK upaya pemberdayaan perempuan sudah dilanggengkan untuk mencapai kesetaraan gender, tetapi di dalam pelaksanaannya wacana dan praktik Ibuisme Negara juga masih dilaksanakan. Hal ini karena pada praktiknya ibuisme dan pengiburumahtanggan masih terjadi di dalam PKK.

English Abstract

State Ibuisme is a gender ideology that emerged from the practice of embedding domestification and marginilazitaion discourse towards women in PKK in Indonesia’s new order era. The interest of this research is to see if State Ibuism is still being practiced, especially in Malang’s PKK. Method used in this research is case study. Analysis used for this research is pattern matching, where researcher will compare between the expected pattern with the empirical pattern. The result of this research is the effort of woman empowering has already been applied in the movement, but as the effort going the practice of State Ibuism is still going inside the movement. Because it was indicated that inside PKK the practice of Ibuism and Housewifization is still applied.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1073/052000608
Uncontrolled Keywords: Ibuisme Negara, PKK, Pemberdayaan Perempuan-State Ibuism, PKK, Women Empowerment
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.4 Women > 305.43 Women by occupation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:37
Last Modified: 10 Aug 2020 07:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178842
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item