Hubungan Self-esteem dengan Perilaku Forgiveness pada Wanita Korban Kekerasan dalam Pacaran

Mulya, Nanda Edriyani (2019) Hubungan Self-esteem dengan Perilaku Forgiveness pada Wanita Korban Kekerasan dalam Pacaran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara self esteem dengan forgiveness pada korban kekerasan dalam pacaran. Subyek dalam penelitian ini adalah wanita berusia 20-40 tahun yang pernah mengalami kekerasan oleh pasangan (pacar) mereka. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sebanyak 110 subyek. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional dengan teknik analisis Pearson Product Moment untuk mengukur hubungan antara self esteem dengan forgiveness. Penelitian ini menggunakan tiga instrument yaitu Self-esteem Scale untuk mengukur tingkat self esteem, skala Transgression Related Interpersonal Motivations-12 Item Version (TRIM-12) untuk mengukur forgiveness, dan skala kekerasan pendukung untuk mengidentifikasi subjek yang menjadi korban kekerasan oleh pasangannya yaitu WHO Domestic Violence Scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara self esteem dengan forgiveness, dengan r -0,153 dan signifikansinya sebesar 0,110 (p>0,05)

English Abstract

This study aims to determine the relationship between self-esteem and forgiveness in woman victims in intimate partner violence. The subjects that are involved in this study are women aged 20-40 who had experienced abusive by their partner. The sampling technique used was purposive sampling, with a total sample of 110 subjects. The method used in this study is a quantitative correlational type, with Pearson Product Moment analysis method. In this study using three research instruments, Self-Esteem Scale by Rosenberg (1965) adapted by Azwar (2012) to measure subject’s self esteem, Trangression Related Interpersonal Motivation-12 Item Version (TRIM-12) is a scale developed by Michael McCullough (1998) and has been adapted by Nurmala dan Herani (2016) to measure subject’s forgiveness, and a supportive scale of support for research subjects entitled WHO Domestic Violence Scale. The results of this study that there is no relationship between self esteem and forgiveness, with r -0.153 and significance level 0,110, where p> 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1167/'052000702
Uncontrolled Keywords: Forgiveness, Kekerasan dalam pacaran, Self esteem-Intimate Partner Violence, Forgiveness, Self-esteem
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:36
Last Modified: 10 Aug 2020 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178805
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item