Inovasi Program Maklumat Bersama Pelayanan Bersih (Pro Mama Asih) Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Bojonegoro (Studi Pada Puskesmas Gayam)

Winandra, Prima Surya (2019) Inovasi Program Maklumat Bersama Pelayanan Bersih (Pro Mama Asih) Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Bojonegoro (Studi Pada Puskesmas Gayam). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik terutama di bidang kesehatan masih memiliki banyak permasalahan mulai dari kurangnya tenaga medis, alur pelayanan, waktu pelayanan, sarana dan prasarana yang disediakan hingga sikap dari pemberi layanan. Untuk itu memerlukan adanya suatu upaya perubahan salah satunya dengan melakukan inovasi. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Puskesmas Gayam dengan membuat inovasi program Maklumat Bersama Pelayanan Bersih (Pro Mama Asih) sebagai upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. Program ini merupakan sarana pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat melalui maklumat pelayanan yang disusun menggunakan metode kontrak pelayanan atau Citizen Charter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan inovasi program Mama Asih di Puskesmas Gayam, Kabupaten Bojonegoro. Metode Penelitian yang digunakan adalan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Inovasi program Mama Asih: a) Proses pelaksanaan program, b) Aktor yang terlibat, serta 2) Faktor penghambat. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan Dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan menggunakan model analisis Interaktif Miles Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, inovasi yang dilakukan oleh Puskesmas Gayam melalui program Mama Asih adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Bojonegoro. Inovasi progam Mama Asih dilakukan mulai dari tahap pertama yaitu tahap persiapan dimana program disosialisasikan dan pembentukan tim Mama Asih. Tahap kedua penyusunan draft Mama Asih dimana maklumat disusun sudah sesuai dengan komponen_komponen yang ada dalam Citizen Charter namun terdapat beberapa tambahan dari masyarakat yakni, alur pelayanan, kejelasan tarif, sikap pemberi layanan dan standar sarana dan fasilitas. Kemudian tahap ketiga legalisasi yaitu pengesahan draft Mama Asih. Selanjutnya tahap keempat yaitu implementasi, dilakukan dengan sosialisasi oleh puskesmas bersama IDFoS dari desa ke desa, pemasangan papan informasi, kemudian juga diadakannya pelatihan pelayanan yang trasnparan dan partisipatif. Tahap kelima monitoring dan evaluasi, akan tetapi tahap ini masih belum dilaksanakan. Tahap terkhir yaitu tahap replikasi yang mana juga belum bisa dilaksanakan dikarenan belum ada evaluasi dan monitoring program. Aktor yang terlibat yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor penghambat diantaranya banyak masyarakat yang belum mengetahui program Mama Asih dan belum adanya monitoring dan evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan program.

English Abstract

Public services especially in the health sector still have many problems ranging from lack of medical personnel, service flow, service time, facilities and infrastructure provided to the attitudes of service providers. For that we need an effort to change one of them by innovating. One of them is like what was done by the Gayam Community Health Center by innovating the Mama Asih program (Maklumat Bersama Pelayanan Bersih) as an effort to improve health services. This program is a means of meeting the needs of health services for the community through service announcements compiled using the service contract method or Citizen Charter. This study aims to describe the implementation of the Mama Asih innovation program at the Gayam Health Center, Bojonegoro Regency. The research method used is descriptive method with a qualitative approach. The focus of this research is 1) The innovation of the Mama Asih program: a) The process of implementing the program, b) the actors involved, and 2) the inhibiting factors. Sources of data obtained from primary data and secondary data. Data collection techniques through interviews, observation and documentation. Data analysis methods used using the Miles Huberman and Saldana Interactive analysis models, namely data collection, data condensation, data presentation and drawing conclusions or Verification Based on the results of research conducted, the innovation carried out by the Gayam Health Center through the Mama Asih program is to improve health services in Bojonegoro Regency. The Mama Asih program innovation was carried out starting from the first stage, which was the preparation phase where the program was socialized and the formation of the Mama Asih team. The second stage of the preparation of the Mama Asih draft where the notice was prepared was in accordance with the components contained in the Citizen Charter but there were some additions from the community namely, service flow, cost clarity, service provider attitudes and standard facilities and facilities. Then the third stage of legalization is the approval of the Mama Asih draft. Then the fourth stage is implementation, carried out by socialization by the Gayam Health Center together with IDFoS from village to village, installing information boards, then also holding transparent and participatory service training. The fifth stage is monitoring and evaluation, but this stage is still not implemented. The last stage is the replication stage which also could not be carried out because there was no program evaluation and monitoring. The actors involved are the government, private sector and the community. In the implementation there are inhibiting factors including many people who do not know the Mama Asih program and there is no monitoring and evaluation to measure the success of the program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/856/052001025
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Kesehatan, Program Mama Asih, Citizen Charter Innovation, Health Services, Mama Asih Program, Citizen Charter.
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.12 Clinics and related institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Oct 2020 05:00
Last Modified: 21 Oct 2021 01:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178751
[thumbnail of Prima`Surya WInandra.pdf]
Preview
Text
Prima`Surya WInandra.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item