Rahma, Farras Hafizha (2019) Hubungan Antara Perilaku Konsumen Dengan Minat Penggunaan Uang Elektronik Dalam Masyarakat DKI Jakarta (Studi Pada Pengunjung Mall Taman Anggrek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan alat pembayaran yang semakin canggih memberikan perubahan dalam sistem kehidupan saat ini. Berbagai perubahan terlihat dari setiap perilaku manusia dalam melakukan aktivitas. Terutama pada aktivitas dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut yang mendorong dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku konsumen dengan minat penggunaan uang elektronik dalam masyarakat Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengunjung di Mall Taman Anggrek sebagai sampel sebanyak 100 sampel. Data yang digunakan ialah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis uji frekuensi, analisis data tabel silang, analisis uji korelasi dan analisis uji validitas. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa angka signifikasi sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa 0,001 > 0,05 artinya H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti konsep perilaku Ritzer dan konsep gaya hidup Kotler dalam penelitian ini diterima. Angka koefisien diperoleh sebesar 0,277 yang berarti memiliki hubungan yang cukup. Di dukung dengan analisis data frekuensi dalam kategori tinggi yang menunjukkan persentase 80,6%. Dapat dilihat bahwa perilaku konsumen memiliki hubungan dengan minat penggunaan uang elektronik saat ini. Perilaku konsumen akan semakin tinggi saat konsumen mengunakan sistem pembayaran uang elektronik yang lebih cepat dan efisien. Tingginya minat penggunaan uang elektronik dapat dipengaruhi dengan adanya reward yang selalu ditawarkan sehingga memengaruhi tingginya perilaku konsumen.
English Abstract
The increasingly sophisticated development of payment tools provides a change in the current life system. Variosus changes are seen from every human behaviour in conducting activities. Especially on activities in fulfilling daily needs. This is what prompted this research to know the relationship of consumer behaviour with interest in the use of electronic money in Jakarta society. The study used quantitative methods with visitors at Taman Anggrek Mall as a sample of 100 samples. The data used is primary and secondary data. The data analysis techniques used include frequency test analysis, cross table data analysis, correlation test analysis and validity test analysis. The results of this study stated that the signification figure was 0.001. This suggests that 0.001 > 0.05 means H1 is accepted and H0 is rejected which means the concept of Ritzer's behaviour and Kotler's lifestyle concept in the study was accepted. The coefficient number is obtained at 0.277 which means having enough relationship. Supported by the analysis of frequency data in the high category that shows the percentage of 80.6%. It can be seen that consumer behaviour has a connection with the interest in electronic money usage today. Consumer behaviour will be higher when consumers use a faster and more efficient electronic money payment system. The high interest in the use of electronic money can be influenced by the reward that is always offered, affecting the high consumer behaviour.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/1198/052001944 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumen, Uang Elektronik, Minat Penggunaan.-Consumer Behavior, Electronic Money, Interest in Use, Mall Taman Anggrek. |
Subjects: | 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Agus Wicaksono |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 07:33 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 07:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |