Penggunaan Riset oleh Humas PT. Dirgantara Indonesia (Persero) dalam Menentukan Media Komunikasi Internal

Putri, Aulia Rachma Wibowo (2019) Penggunaan Riset oleh Humas PT. Dirgantara Indonesia (Persero) dalam Menentukan Media Komunikasi Internal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media internal merupakan salah satu program Public Relations yang bertujuan untuk menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan publik internalnya. Pemilihan dan penentuan media sebagai media internal merupakan hal dasar yang dilakukan untuk membuat media internal tersebut dapat mencapai tujuannya. Pengaplikasian manajemen Public Relations khususnya pada tahapan riset menjadi hal penting yang dilakukan oleh Humas PT. Dirgantara Indonesia (Persero) untuk menentukan website internal dan in house TV sebagai media internal perusahaan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang dapat menjangkau keseluruhan publik internalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan riset yang dilakukan oleh Humas PT. Dirgantara Indonesia (Persero) dalam menentukan media komunikasi internal perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis interaktif, serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa Humas PT. Dirgantara Indonesia (Persero) melakukan manajemen Public Relations khususnya riset dalam menentukan website internal dan in house TV sebagai media internal perusahaan. Humas PT. Dirgantara Indonesia (Persero) melakukan riset dengan teknik riset informal dalam bentuk casual monitoring dan key contact melalui pengamatan dan saran yang diberikan oleh rekan kerja mengenai kebiasaan karyawan dalam mengakses media internal perusahaan.

English Abstract

Internal media is one of the Public Relations programs that aim to establish good relations between the company and its internal public. The selection and determination of the media as internal media is the basic thing done to make the internal media achieve its goals. The application of Public Relations management especially at the research stage becomes an important thing done by the Public Relations of Indonesian Aerospace to determine the internal website and in-house TV as the company's internal media to meet the information needs that can reach the entire internal public. This study aims to determine the use of research conducted by Indonesian Aerospace in determining the company's internal communication media. This research is a type of descriptive qualitative research using interactive analysis methods and using data collection techniques through interviews and documentation. Based on research, the results obtained that the Public Relations of Indonesian Aerospace carries out Public Relations management, especially research in determining internal websites and in house TV as the company's internal media. Public Relations of Indonesian Aerospace researches with informal research techniques in the form of casual monitoring and key contact through observation and advice given by colleagues regarding employee habits in accessing the company's internal media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1201/052001949
Uncontrolled Keywords: Media Internal, Manajemen Public Relations, Riset, PT. Dirgantara Indonesia (Persero)- Internal Media, Public Relations Management, Research, Indonesian Aerospace.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:12
Last Modified: 18 Aug 2020 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178729
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item