Pengaruh Praktikum Akuntansi Terhadap Soft skills Akuntansi Siswa (Studi pada SMK Muhammadiyah 2 Malang)

Wulandari, Erista Alviria (2019) Pengaruh Praktikum Akuntansi Terhadap Soft skills Akuntansi Siswa (Studi pada SMK Muhammadiyah 2 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada upaya praktik pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi yang sedang berkembang di indonesia, yang mana pembelajaran disini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan praktikum akuntansi agar lebih baik. Menanggapi hal tersebut, SMK Muhammadiyah 2 Malang berusaha untuk memberikan pembelajaran yang baik, mulai dari sistemnya dan motivasi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berlokasi di Kota Malang, sedangkan situsnya berada di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Sumber datanya diperoleh dari kuesioner yang berjumlah 160 responden (siswa) di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Pengolahan data menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Praktikum (X) memperoleh kategori setuju dengan nilai sebesar 82,5%. Sedangkan variabel soft skills siswa (Y) memperoleh kategori setuju dengan nilai sebesar 83,1%. Dari data di atas hubungan antara variabel praktikum akuntansi terhadap soft skills siswa dapat dikatakan kuat.

English Abstract

The background of this research is based on efforts to practice learning in accounting subjects that are developing in Indonesia, where learning here aims to improve accounting practice activities to be better. Responding to this, SMK Muhammadiyah 2 Malang tried to provide good learning, starting from the system and teacher motivation. This research uses a quantitative approach that is located in Malang City, while the site is at SMK Muhammadiyah 2 Malang. The data source was obtained from a questionnaire totaling 160 respondents (students) at SMK Muhammadiyah 2 Malang. data processing using simple statistics. The results showed that the practicum variable (X) obtained the agreed category with a value of 82,5%. Whereas the soft skills variable (Y) obtained the category of agreeing with a value of 83,1%. Of the data above the relationship betweenthe the accounting practicum variables to the students’ soft skills can besaid to be strong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/854/052001015
Uncontrolled Keywords: Praktikum Akuntansi, Soft skills Accounting Practicum, Soft skills
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.302 81 Techniques of study
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Nov 2020 08:10
Last Modified: 21 Oct 2021 01:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178709
[thumbnail of Erista Alviria Wulandari.pdf]
Preview
Text
Erista Alviria Wulandari.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item